Life & health

Kiat Hadapi Masa Probation di Kantor

By : Kiki Riama Priskila - 2015-02-04 07:28:57 Kiat Hadapi Masa Probation di Kantor

Saat memulai karier di sebuah perusahaan, biasanya Anda diberikan masa probation (percobaan), yang merupakan masa dimana perusahaan akan menilai kelayakan Anda untuk dilantik sebagai pegawai tetap. Di masa percobaan inilah Anda diuji, mulai dari kemampuan berorganisasi, kemampuan mengatur waktu hingga menepati deadline.

Anda harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru, bertanggung jawab penuh sesuai dengan jabatan, dan kemungkinan akan menemui tekanan-tekanan baru sehingga Anda tidak memiliki waktu bebas lagi. Ketakutan seperti ini seharusnya tidak membuat stuck, malah Anda harus bertindak cekatan.

Jangan takut bertanya

You're the new girl. Lumrah saja jika ada beberapa hal yang tidak Anda mengerti, apalagi jika menyangkut perusahaan. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jawabannya di Google, jangan ragu untuk bertanya kepada sesama rekan kerja atau atasan Anda.

Cari mentor

Suatu saat ketika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat mengandalkan seorang mentor. Belajarlah dari dia sehingga lain kali Anda tidak akan memerlukan bantuan yang sama lagi.

Tepat waktu

Waktu adalah uang. Milikilah motto ini, dan Anda akan menghargai waktu. Jangan menunda pekerjaan ketika Anda memiliki waktu kosong. Meskipun Nolan Bushnell pernah berkata: "The ultimate inspiration is the deadline.", bukan berarti menjadi alasan untuk menunda-nunda pekerjaan, bukan?

Percaya diri

Jika Anda saja tidak percaya akan kemampuan sendiri, who else will? Yakinkan diri Anda pada tantangan tersebut, perkirakan risiko yang akan Anda hadapi sehingga Anda bisa menentukan rencana B, C, dan seterusnya.

 

(TEKS: MICHELLE PHANG / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health