Sex & relationship

Cara Sehat Hadapi Konflik Dalam Hubungan

By : Anggita Dwinda - 2015-02-02 05:53:31 Cara Sehat Hadapi Konflik Dalam Hubungan

It happens to the best of us: bahkan pasangan yang terkesan paling "adem-ayem" pun akan menghadapi konflik dalam hubungan mereka. Bahkan, bisa jadi saat ini paling dihindari oleh tipe pasangan seperti ini, karena tak terbiasa menghadapinya dan alih-alih menyelesaikan masalah, malah akan dibiarkan berlarut-larut atau tidak diselesaikan sama sekali.

Nah, bagaimana cara menghadapi konflik dan menyelesaikannya, tergantung pada kemampuan masing-masing individu dalam suatu hubungan untuk beradu pendapat dengan sehat dan, lebih penting lagi, adil.

Saat suatu sesi adu pendapat mencapai titik "jenuh" atau seperti tidak ada ujungnya, hal itu biasanya disebabkan oleh beberapa hal: Anda berdua tak mencapai kesepakatan, Anda berbeda pendapat tentang suatu hal yang terjadi, atau salah satu dari Anda merasa terpojokkan dan disalahkan secara tak adil.

Ada satu alternatif terhadap situasi seperti ini, yang berdasarkan penelitian belum terlalu banyak diterapkan oleh pasangan-pasangan pada umumnya. Jika Anda merasakan salah satu dari keadaan yang disebutkan di atas, cara paling efektif adalah dengan mengatakan apa yang Anda rasakan. Oke, terdengar simpel dan sepele, tapi Anda akan menemukan bahwa hal tersebut terkadang sulit untuk dilakukan saat berada dalam tekanan. Misalkan, jika suatu ketika Anda "terjebak" dalam situasi di mana Anda merasa tak bisa menyampaikan pendapat Anda dengan jelas karena terbawa emosi, atau saat pasangan terus memojokkan Anda, mengapa tak coba katakan, "Kita bisa 'istirahat' sebentar, nggak? Sekarang ini aku kesulitan menyampaikan maksudku karena terbawa emosi. Aku mengerti masalah ini masih butuh penyelesaian, karena itu nanti kita bisa bahas lagi saat kita berdua sudah agak 'tenang'. Deal?"

Jika dikatakan demikian, meski kesal, pasangan pasti akan mengerti dan membiarkan ruang dan waktu yang Anda butuhkan. Setelah itu, Anda dan pasangan bisa kembali lagi membahas masalah yang mengganggu Anda dengan pikiran yang lebih jernih dan sikap yang lebih tenang.

 

(TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Sex & relationship