Tip Meminimalisir Jumlah Tamu Undangan Pernikahan



  • Seringkali jumlah tamu yang kita undang meleset dari rencana awal. Niat hanya ingin mengundang 100 orang, tapi karena beragam alasan jumlah tamu pun meningkat menjadi 300 atau bahkan lebih. Agar budget tidak membengkak, tentu jumlah tamu tersebut harus diminimalisir. Berikut tip dan triknya:

    Pilih venue yang sesuai kapasitas

    Jika Anda ingin mengundang sebanyak 100 undangan, pilih kapasitas venue yang tidak begitu besar. Venue yang besar menjadikan kita merasa “mampu” mengundang tamu yang lebih banyak lagi sehingga tanpa kita sadari tamu yang akan kita undang melebihi kapasitas.



    Membuat presentasi jumlah tamu

    Harus diingat bahwa sebuah pesta penikahan tak hanya mengundang teman-teman Anda saja, namun orang tua juga biasanya akan mengundang rekan, dan kerabat mereka. Maka buatlah presentasi 50% untuk tamu Anda dan pasangan, dan 50% untuk kerabat dari orang tua Anda dan pasangan.

    Kategorisasi tamu

    Setelah presentasi selesai, langkah selanjutnya adalah untuk memilah tamu ke dalam beberapa kategori. Kategori pertama diperuntukkan bagi keluarga inti seperti kakek, nenek, saudara kandung, om, tante, dan sepupu. Kategori kedua adalah sahabat dan saudara lainnya. Kategori terakhir adalah rekan kerja dan teman-teman.

    Dengan membuat kategori ini, Anda bisa melihat seberapa besar jumlah tamu yang akan diundang. Jika jumlahnya masih terlalu banyak, cobalah mengurangi jumlah orang berurutan dari kategori ketiga, kedua, dan pertama.

     

    (TEKS: NABILA MECADINISA / FOTO: DOK. SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below