Jenis Penyakit di Kantor



  • INFLUENZA

    Penyebaran penyakit yang terjadi di kantor umumnya adalah golongan penyakit yang ditularkan lewat udara (air-borne infection). Flu adalah yang paling sering mendera. Virus flu sendiri banyak jenisnya, ada yang ganas, ada pula yang jinak namun keduanya sama-sama mudah ditularkan.

    BEAT THEM: Gunakan masker bila di sekitar Anda sedang terkena flu. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C atau vitamin lain yang baik untuk daya tahan tubuh, dan konsumsi buah saat jam makan siang.



    SAKIT PUNGGUNG

    Duduk terlalu lama di depan monitor komputer tak hanya membuat bokong terasa pegal tapi juga lama-kelamaan (jika kebiasaan ini berlangsung tiap hari) bisa menyebabkan sakit punggung bahkan berpengaruh pada tulang belakang dan postur tubuh Anda.

    BEAT THEM: Jangan duduk terlalu lama .Setiap sekian jam, lakukan peregangan kecil atau bahkan sekadar berdiri sambil berjalan-jalan ke seputar kantor. Peregangan tubuh sangat baik untuk melemaskan otot-otot yang kaku (menjadi kaku karena duduk membuat metabolism tubuh “tertidur”).

    DEPRESI / STRES

    Stres dan depresi adalah penyakit yang sangat, sangat umum dan hampir dialami semua pekerja, dan stres bisa menjadi akar penyakit karena stres bisa memicu timbulnya sejumlah penyakit lainnya. Tekanan yang tinggi, dikejar deadline,tuntutan atasan dan klien juga sejumlah faktor lain bisa dengan mudah memicu stres dan depresi.

    BEAT THEM: Usahakan untuk mempunyai manajemen waktu yang baik, lalu di tengah kesibukan, take a day off for relaxation! Sisakan satu hari untuk relaksasi maksimal atau sekian jam untuk bersantai sejenak. Utarakan perasaan Anda pada rekan kerja atau keluarga dan sahabat yang tidak sekantor, jika merasa masih perlu bantuan, datanglah untuk sesi terapi di psikolog.

    MIGREN & SAKIT KEPALA

    Penyakit migren dan sakit kepala termasuk yang bisa menyerang kapan saja baik saat sedang berada dalam tekanan atau bahkan karena terlalu lama terkena pendingin ruangan.

    BEAT THEM: Minumlah air putih yang banyak karena dehidrasi bisa jadi penyebab sakit kepala, kurangi kafein dan camilan asin karena ini juga bisa jadi pemicu. Jika tidak tertahan lagi, minumlah obat sakit kepala secepatnya, lalu istirahatkan kepala sebentar di ruangan yang sepi.

    DIARE

    Biasanya diare kerap “mampir” saat stres melanda, bisa juga karena bakteri pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penting adanya untuk memperhatikan kebersihan tempat di mana Anda membeli makan siang atau makan malam saat berencana untuk lembur.

    BEAT THEM: Cucilah tangan sesering mungkin, terutama sehabis dari toilet dan sebelum makan. Minumlah air putih yang banyak karena diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Hindari es batu yang terbuat dari air masak.

    DEHIDRASI

    Dehidrasi sangat berpengaruh pada konsentrasi, ingatan, dan kondisi fisik Anda. Jangan menunggu sampai Anda merasa haus, karena tubuh manusia sangat mudah terkena dehidrasi dan pengobatannya tidak secepat itu.

    BEAT THEM: Tempatkan sebotol besar berisi air putih di samping monitor PC jadi Anda selalu ingat untuk meminumnya. Sebisa mungkin, minumlah sesering mungkin meski dalam jumlah sedikit, jangan menunggu sampai makan siang.

     

    (TEKS: ANDHINI PUTERI / FOTO: MICHAEL JUNG / SHUTTERSTOCK / CLICK PHOTOS)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below