Hair & beauty

Tip Menggunakan Alat Penata Rambut

By : Dian Sarwono - 2015-11-02 09:34:33 Tip Menggunakan Alat Penata Rambut

Menggunakan alat penata rambut memang mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Rambut akan terlihat kering dan rusak jika pemakaian blow dryer, flat iron, dan curling iron yang tidak sesuai. Berikut tip agar rambut tetap sehat dengan pemakaian alat-alat tersebut:

Beli alat yang baik

Membeli alat penata rambut memang tidak harus mahal. Namun, ahli mengatakan bahwa alat yang Anda beli sebaiknya mempunyai pengaturan panas yang berbeda-beda. Kebanyakan alat-alat yang murah hanya memiliki satu pengaturan saja. Ada baiknya jika Anda membeli blow dryer dari toko kecantikan. Dryer profesional mempunyai aliran udara yang lebih kuat.

Ketahui jenis rambut Anda dan cara menatanya

Saat memilih alat penata rambut, ketahuilah jenis rambut dan ketebalan rambut Anda. Semakin tipis rambut Anda, semakin rendah pengaturan suhunya. Sebelum menggunakan curling iron atau flat iron, Anda sebaiknya menata sesuai dengan tekstur rambut alami anda. Hal ini membuat penataan rambut lebih mudah.

Lindungi rambut Anda dari panas

Tentunya ada banyak produk rambut yang bisa melindungi rambut kesayangan Anda dari alat penata rambut. Silikon banyak digunakan sebagai lapisan pelindung rambut anda. Efek irons memang lebih kejam daripada efek blow dryers. Untuk itu, kami menyarankan agar Anda menggunakan alat irons tidak lebih dari tiga atau empat detik di setiap bagian rambut.

Saran penataan dari ahli

Tidak ada salahnya sedikit banyak bertanya kepada penata rambut profesional. Tip seperti langkah cepat dan model terbaru dapat Anda dapatkan dari para penata rambut. Sempatkan juga waktu untuk berbincang dengan mereka mengenai jenis rambut Anda dan penataan yang sesuai.

Merawat rambut rusak

Jika rambut Anda mulai rontok, kusam, bercabang, dan terasa lengket, mungkin rambut Anda sudah mulai rusak. Anda tidak harus memotong rambut jika ujungnya bercabang, melainkan ganti dengan produk rambut yang baik.

Untuk perawatan di rumah, gunakan produk dengan minyak dan moisturizer untuk rambut rusak akibat panas alat penata rambut. Juga gunakan produk perawatan rambut rusak yang mengandung protein untuk membuat rambut Anda lebih terawat.

Jika perawatan di rumah tidak berhasil, maka perawatan di salon patut dicoba. Terkadang beberapa kerusakan rambut dapat mengubah struktur rambut awal. Hal ini harus diberikan perawatan yang lebih intensif.

Namun, jika rambut Anda masih terasa belum sehat, maka kuncinya adalah bersabar. Jika satu inci dari ujung rambut Anda masih terasa rusak, maka butuh dua sampai tiga bulan untuk membuatnya normal kembali. Setelahnya, jangan lupa untuk menggunakan alat yang baik dan potong ujung-ujung rambut tiap bulannya.

 

(TEKS: NADINE SALSABILA / FOTO: THINKSTOCK)

Hair & beauty