Life & health

Langkah Mudah Periksa Payudara Sendiri

By : Kiki Riama Priskila - 2015-10-30 10:20:53 Langkah Mudah Periksa Payudara Sendiri

Berdiri tegak dan cermati bila ada perubahan pada bentuk serta pemukaan kulit payudara, juga perubahan pada puting.

Angkat kedua lengan, tekuk siku, posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara; lalu dorong siku ke belakang dan cermati bentuk mau pun ukuran payudara.

Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada.

Angkat lengan kiri ke atas, tekuk siku hingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, cermati seluruh bagian payudara kiri hingga area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, lingkaran, dan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya.

Cubit kedua puting dan cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter bila hal itu terjadi.

Pada posisi berbaring, letakkan bantal di bawah pundak kanan, angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Tekan seluruh bagian payudara hingga ke area ketiak dengan menggunakan ujung jari.

 

(TEKS: ANDHINI PUTERI / FOTO: THINKSTOCK)

Life & health