Pemutaran Film Dokumenter Gesang Sang Maestro Keroncong



  • Sejarah musik Indonesia tak bisa lepas dari dari musik keroncong, dan salah satu nama yang terus dikenang sebagai maestro keroncong Indonesia adalah Gesang Martohartono, penyanyi sekaligus pencipta lagu keroncong bersahaja yang telah dikenal hingga mancanegara. Untuk mengenang jasa-jasanya, Galeri Indonesia Kaya dan sutradara dan pembuat film Indonesia, Marselli Sumarno, mempersembahkan Gesang Sang Maestro Keroncong, sebuah film dokumenter yang pertama kali diciptakan khusus untuk mengenang sang maestro.

    Film dokumenter yang diputar di auditorium Galeri Indonesia Kaya pada 21/10 ini menceritakan riwayat hidup sang maestro keroncong Indonesia yang telah berjasa terhadap perkembangan musik keroncong yang telah dikenal di ranah internasional. Lagu ciptaannya, Bengawan Solo, telah diterjemahkan setidaknya kedalam 13 bahasa seperti bahasa Inggris, Rusia, Tionghoa, hingga bahasa Jepang. Pemutaran film dokumenter ini juga akan membahas tentang pentingnya suatu dokumenter biografi tokoh-tokoh legendaris Indonesia oleh sang sutradara, Marselli Sumarno.

    "Kami berharap dengan adanya pemutaran film ini, para penikmat seni dapat lebih tertarik untuk menikmati film dokumenter, karena melalui film dokumenter kita dapat lebih mengetahui jerih payah seseorang dalam mencapai titik prestasi yang mereka raih, sehingga kita juga dapat lebih mengapresiasi karya-karya telah mereka ciptakan,” ujar Marselli Sumarno, sutradara film dokumenter Gesang Sang Maestro Keroncong.



     

    (TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: DOK. GALERI INDONESIA KAYA)



    0


    0


    0


 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below