Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Wanita



  • Dr. Lisa Wong dari Mount Elizabeth Hospital menjelaskan jenis-jenis kanker lainnya yang biasanya menyerang kaum hawa selain kanker payudara.

    “Kanker Endometrium dan Kanker Serviks adalah dua jenis kanker yang juga kerap menghantui kaum wanita dan kita perlu memahami bagaimana mencegah, mendeteksi dan pilihan pengobatannya,”ungkap Dr. Lisa Wong.

    Kanker Endometrium adalah jaringan atau selaput rahim yang tumbuh di luar rahim. Padahal, seharusnya jaringan endometrium melapisi dinding rahim.



    Kanker ini biasanya menyerang wanita yang berusia lebih tua (di atas 50 tahun) dan faktor-faktor yang mempengaruhi biasanya; obesitas, terapi hormon, diabetes, hipertensi dan hiperlipidemia (kolesterol/trigliserida tinggi).

    Gejalanya meliputi pendarahan abnormal di bagian kelamin, pendarahan sesudah menopause, pendarahan di antara menstruasi, nyeri pangkal pinggul, abdomen akut, massa pelvis dan pressure symptoms.

    “Beberapa cara untuk mendeteksi kanker jenis ini adalah histeroskopi, histeroskopi tanpa jahitan dan endometrial sampling, CT Scan Abdomen/ Pelvis, MRI, dan Pet CT scan. Pilihan pengobatan yang tersedia saat ini meliputi operasi pembedahan, radiotherapy, terapi hormon dan kemoterapi,” jelas Dr. Lisa Wong.

    Kanker Serviks yang 99% disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) dan risikonya lebih besar pada wanita yang telah berhubungan seks di usia terlalu muda.

    Berhubungan seks dengan banyak orang atau dengan pasangan yang merokok juga dapat memicu penyakit ini.

    “Kanker Serviks dapat dicegah dengan melakukan papsmear secara regular dan vaksinasi HPV,” ungkap Dr. Lisa Wong.

    Upaya kita untuk mengurangi jumlah penderita kanker sangat bergantung pada kemauan kita untuk menyebarkan kesadaran dan berbagai informasi mengenai kanker.

    Dengan begitu, setiap orang paham apa yang harus dilakukan dan kemana harus pergi jika terdeteksi menderita kanker-kanker mematikan yang menyerang wanita.

     

    (FOTO: DOK. PARKWAY CANCER CENTRE)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below