8 Hal yang Harus Anda Ketahui Jika Ingin Bekerja di Bidang Fashion



  • Sikap baik akan membawa Anda ke mana-mana

    Bersikap friendly terhadap semua orang akan membantu Anda di industri ini, terutama karena responnya biasanya baik.

    Anda tidak bisa mahir dengan hanya satu hal



    Dulu di industri fashion, sistemnya sangat hierarkis dan khusus. Setiap orang hanya melakukan apa yang menjadi job desc mereka, dan tidak mempunyai fleksibilitas untuk keluar dari zonanya masing-masing. Namun sekarang, sebagian besar orang sukes di industri ini profisien dalam hampir segala hal.

    Industri fashion tidak semenakutkan itu

    Mungkin seringkali mereka yang di luar industri ini melihat kalau dirinya tidak bisa berada di satu ruangan dengan orang-orang penting atau ternama tanpa merasa inferior. Namun satu hal yang dipelajari setelah memasuki industri fashion adalah fakta bahwa orang-orang terkenal pun pada akhirnya tetap manusia biasa, jadi Anda tidak harus melihat fashion sebagai hal yang menakutkan dalam hal ini.

    Siapkan diri Anda untuk bertemu dengan banyak wanita

    Jika Anda adalah tipe orang yang lebih menyukai gender balance di lingkungan kerja, mungkin pekerjaan di industri fashion tidak untuk Anda.

    Anda harus bisa beradaptasi untuk menjaga kewarasan Anda

    Benar, bekerja di fashion bisa membuat bahkan wanita-wanita kuat pun goyah di suatu titik. Ini karena hampir segala hal berubah dengan sangat cepat di dunia fashion, jadi Anda harus bisa fleksibel dan membiasakan diri dengan perubahan.

    Magang terlebih dahulu

    Maganglah yang banyak di berbagai divisi dalam industri fashion. Anda akan terkejut bagaimana pekerjaan satu divisi dengan divisi yang lain, semirip mungkin mereka, akan berbeda secara total ketika Anda terjun ke lapangan.

    Sekolah fashion tidak selalu pilihan yang tepat

    Jangan berpikir bahwa karena Anda ingin aktif di industri fashion, Anda harus sekolah di bidang yang khusus fashion. Justru, ambillah jalur yang lebih umum dan kembangkanlah bakat Anda dengan magang di berbagai tempat yang bekerja dalam industri ini. Melakukan ini akan memudahkan Anda dari segi latar belakang dan jika Anda ingin berpindah industri di masa yang akan datang.

    Tidak seglamor yang Anda kira

    At the end of the day, ingatlah bahwa kerja adalah kerja, sama halnya di setiap industri, termasuk fashion. Tidak berarti Anda bekerja dengan santai dan bisa memakai barang-barang mewah, tetapi seringkali faktanya adalah Anda harus kerja secara manual dan untuk waktu yang cukup lama sampai Anda merasa lelah. Sama dengan pekerjaan yang lain, bekerja dalam industri fashion membutuhkan komitmen, fokus, dan drive yang tinggi.

     

    (TEKS: KARA WYNONA ALIM / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below