4 Langkah Rambut Awet Muda



  • 1. Kurangi penggunaan sampo

    Terlalu banyak menggunakan sampo dapat menipiskan lapisan lemak alami atau lipid yang berguna untuk memberikan kilau dan mencegah rambut bercabang. Lipid sebenarnya akan berkurang secara alami pada saat menopause atau ketika mencapai usia di atas 50 tahun. Namun untuk memperlambat proses tersebut, pilih sampo dengan formula color-protecting atau yang kaya akan pelembap. Bilas rambut selama satu menit untuk memastikan tak ada residu yang tertinggal.

    2. Hati-hati dengan rambut basah



    Rambut berada dalam keadaan paling rentan saat sedang basah. Usahakan untuk tidak mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menggosoknya, cukup diremas saja. Hindari menyisir rambut setelah mandi. Sebaiknya lakukan sisi rambut menggunakan wide-tooth comb saat sebelum membilas kondisioner. Lakukan perawatan deep-conditioning dengan minyak yang baik untuk rambut satu hingga dua kali dalam seminggu.

    3. Berikan perlindungan

    Pastikan rambut Anda selalu terlindungi dari sinar matahari dan bahan kimia seperti kaporit atau alkohol. Gunakan sun protection spray sebelum keluar rumah untuk menciptakan perlindungan dari efek negatif sinar UV. Sesaat sebelum berenang, jangan lupa aplikasi hair oil atau kondisioner agar kelembapan dan kesehatan rambut tetap terjaga.

    4. Loosen up!

    Tight ponytails, kepangan, topknots atau turban handuk biasanya menciptakan tarikan yang cukup kuat pada akar rambut. Kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut patah atau kerontokan yang berujung pada penipisan. Sesekali biarkan rambut tergerai tanpa harus ditata layaknya memberi kesempatan untuk 'bernapas'.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below