5 Kesalahan Belanja Online



  • Okay... okay... kami mengakui bahwa kami pun menyukai belanja online. Kami sadar bahwa kemudahan yang didapat merupakan suatu keuntungan yang tak ternilai dan kami bersyukur akan hal itu. Namun, tak sedikit pula yang merasa kecewa setelah barang pesanan datang. Berikut ini adalah lima kesalahan fatal yang sebaiknya Anda hindari:

    Gambar yang menipu

    What you see is not always what you get. Tak jarang ada yang merasa tertipu karena kualitas bahkan warna bahan tak sama dengan gambar. Sebaiknya tanyakan terlebih dulu detail bahan serta ukurannya. Saat ingin membeli baju, tanyakan lebar dada serta pinggul dalam ukuran sentimeter, sedangkan untuk membeli sepatu, tanyakan panjang telapak kaki setiap ukurannya.



    Harga murah tak selalu menguntungkan

    Perlu diakui bahwa banyak toko online yang menawarkan harga murah. Namun, jangan biarkan hal ini membuai Anda. Jangan mudah percaya dengan harga yang terlalu murah atau terlalu tinggi. Anda juga harus bisa memilah mana saja toko online yang memiliki reputasi baik dengan cara membaca ulasan dari para pembeli.

    Tak mengunci informasi pribadi di komputer

    Salah satu keteledoran yang sering terjadi adalah dengan tidak menutup atau mengunci akun setelah melakukan transaksi online. Terkadang ada beberapa orang yang menyimpan nomor kartu kredit dan tidak mengaktifkan sistem keamanan di akunnya. Tanpa disadari, orang lain bisa mengakses informasi kartu kredit Anda dan menggunakannya untuk hal lain.

    Lambatnya koneksi internet

    Pastikan bahwa koneksi internet Anda berjalan dengan lancar sebelum memutuskan untuk berbelanja. Koneksi yang lambat bisa merugikan. Misalnya saja saat memasukkan data kartu kredit dan tiba-tiba koneksi terputus. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah transaksi belanja gagal, namun tagihan sudah terlanjur masuk.

    Tak memperhitungkan ongkos kirim

    Bingung karena total pembelanjaan menjadi tinggi? Coba cek dengan teliti seberapa besar ongkos pengirimannya. Bila Anda dan penjual berada dalam satu lokasi, biasanya ongkos pengiriman yang dikenakan tidak mahal, namun jika Anda berada di kota bahkan negara yang berbeda, bukan tidak mungkin jika ongkos pengiriman bisa lebih tinggi dibanding harga barangnya.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

3 Kesalahan Bisnis Online

3 Kesalahan Bisnis Online

oleh Andhini Puteri Lestari

3 Kesalahan Berbisnis Online

3 Kesalahan Berbisnis Online

oleh Amalta Rifani

Tetap Hemat Saat Belanja Online

Tetap Hemat Saat Belanja Online

oleh Rengganis Parahita

Advertisement - Continue Reading Below