Tips Aman Mobile Banking



  • Seiring dengan kemajuan teknologi, alat komunikasi seperti smartphone semakin mewabah. Berbagai macam aplikasi yang mempermudah kegiatan kita sehari-hari semakin digemari, salah satunya adalah aplikasi mobile banking. Semua orang tentu tahu kemudahan yang didapat dengan adanya fitur ini, sayangnya, hal ini juga bisa membuat kita menjadi target mudah bagi para penjahat. Menurut catatan polisi di Inggris, terdapat 250.000 hingga 300.000 laporan pencurian telepon genggam setiap tahunnya. Maka dari itu, tentu penting bagi kita untuk mengetahui trik-trik agar terhindar dari bahaya.

    Trik pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah kata sandi. Dengan adanya kata sandi, Anda tentu akan merasa lebih aman karena setidaknya si pencuri tidak bisa langsung mengakses data. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan auto-lock di smartphone setiap kurang lebih lima menit.

    Trik kedua adalah dengan mengecek ulang situs yang Anda akses melalui smartphone, terutama di situs dimana Anda harus memasukkan detail pembayaran. Tak sedikit dari kita yang terjerobos memasukkan informasi ke aplikasi atau situs palsu. Bahkan, Trusteer, sebuah situs keamanan sistem komputer, menemukan bahwa seseorang akan lebih rentan terhadap penipuan yang dilakukan di telepon genggam dibandingkan melalui komputer. Maka dari itu, sungguh penting untuk mengecek alamat situs yang Anda kunjungi.



    Selain mengaktifkan kata sandi di smartphone, Anda juga harus menyiapkan kata sandi di aplikasi banking dan pastikan untuk selalu memperbaharuinya. Buatlah kata sandi yang unik dan jangan gunakan di aplikasi lain. Tak hanya itu, ketika Anda mengunduh sebuah aplikasi, pastikan bahwa aplikasi tersebut berasal dari situs yang terpercaya. Hal ini bisa meminimalisasikan resiko adanya virus yang ikut terunduh. Jangan malas untuk membaca ulasan yang diberikan pada aplikasi tersebut sebagai panduan.

    Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi, seperti Lookout, yang mampu membantu smartphone Anda terhindar dari virus-virus berbahaya, menemukan lokasi, dan menghapus seluruh data secara otomatis jika ada yang mencuri telepon genggam Anda.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below