Seperti Apakah Meja Kerja Yang Baik?



  • Meja kerja merupakan salah satu tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu di kantor. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memposisikan meja kerja demi kenyamanan serta keefektifan Anda dalam bekerja. Bila ditelaah menurut pemahaman Feng Shui, meja kerja tidak boleh diposisikan untuk menghadap ke toilet karena dapat berpengaruh buruk bagi kinerja Anda. Tentu saja, hal ini bukan isapan jempol belaka. Baik secara visual pun, Anda pasti tidak ingin duduk berhadapan langsung dengan toilet.

    Ir. F. Christian J. Sinar Tanudjaja, MSA menjelaskan bahwa meja kerja seharusnya tidak dibiarkan menghadap ataupun memunggungi tiang. Lebih baik, tiang tersebut ditempatkan di sisi samping meja kerja, meski hal ini juga tidak disarankan. Menurut Christian, tiang di belakang meja kerja dianggap sebagai beban yang dapat menimpa bagian belakang pekerja, sedangkan tiang yang berada di depan meja kerja dianggap dapat menjadi beban yang akan menimpa si pekerja dari depan. Dengan kata lain, akan ada sesuatu yang menghalangi keberhasilan dan prestasi Anda.

    Secara psikologis, tiang di belakang pekerja dapat memberikan tekanan mental bagi orang tersebut, sedangkan tiang di depan meja kerja dapat menghalangi pandangan serta memberikan kesan ruang yang lebih sempit. Tak hanya itu, tiang di samping meja kerja juga akan memberikan kesan sempit dan mengurangi keseimbangan komposisi ruang. Anda pun akan merasa tak leluasa untuk bergerak.



    Maka dari itu, sangat disarankan agar meja kerja tidak membelakangi atau pun menghadap ke sudut ruangan karena efek yang kurang baik. Bila dilihat secara psikologis, bekerja di meja yang membelakangi sudut ruangan akan menyebabkan kesan bahwa area kerja Anda lebih sempit, sedangkan bila meja tersebut diposisikan untuk menghadap langsung ke sudut ruangan, maka kesen sempit dan menekan akan lebih terasa.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

4 Cara Siasati Berbagi Meja Kerja

4 Cara Siasati Berbagi Meja Kerja

oleh Kiki Riama Priskila

Ciptakan Meja Kerja Ideal Versi Anda

Ciptakan Meja Kerja Ideal Versi Anda

oleh Kiki Riama Priskila

Apa Arti Meja Kerja Anda?

Apa Arti Meja Kerja Anda?

oleh Amalta Rifani

Advertisement - Continue Reading Below