Tips Mudah Menabung



  • Percaya atau tidak, perempuan tidak menyukai pembicaraan tentang uang. Maka, kita berusaha untuk tidak memikirkannya. Kita menghabiskan uang saat slip gaji datang dan panik ketika jumlah rekening berkurang. Alexa von Tobel, pendiri LearnVest.com, situs konsultasi keuangan, berusaha untuk membantu para perempuan dalam mengatur keuangannya. Menurutnya, tak ada yang lebih sexy daripada perempuan yang berkuasa.

    Berpikir lebih jauh. Menyiapkan tujuan keuangan jangka panjang memang menakutkan. Menurut penelitian dari Northwestern Mutual, hampir tiga dari empat orang memiliki kesulitan untuk mempertahankan tujuan tersebut. Kenyataannya, merencanakan 5 hingga 10 tahun ke depan dapat membantu budgeting Anda. Kuncinya adalah dengan membaginya menjadi jumlah yang lebih terjangkau. Misalnya saja Anda ingin membeli mobil baru di 5 tahun ke depan. Cari tahu berapa jumlah yang harus Anda sisihkan untuk down payment, kemudian bagilah totalnya menjadi 5 untuk menentukan target penyimpanan tahunan Anda. Dengan begitu, tujuan tersebut terasa lebih terjangkau, kan?

    Terapkan penyisihan uang gaji. LearnVest.com menyarankan untuk menghabiskan setengah dari pendapatan Anda ke hal-hal yang penting, seperti uang sewa rumah, keperluan sehari-hari, dan biaya transportasi. Setelah itu, sisihkan 20 persen untuk pembayaran penting, seperti tagihan kartu kredit, kredit kendaraan, dan sisanya bisa masuk ke rekening tabungan. Anda masih memiliki 30 persen dari pendapatan untuk berbelanja atau pergi ke salon kesayangan. Di akhir bulan, Anda telah membayar lunas semua tagihan tepat waktu, berhasil menyimpan sejumlah tabungan, dan masih bisa menikmati hal-hal yang Anda inginkan. Surprise!



    Selalu siap dengan rencana cadangan. Kita tak pernah menginginkan untuk kehilangan pekerjaan, mengakhiri hubungan dengan pasangan, atau menghadapi beragam masalah lainnya yang bisa merusak hari-hari kita. Tapi perlu disadari bahwa tidak ada yang tak mungkin, sehingga memiliki rencana cadangan merupakan sesuatu yang penting. Setidaknya, Anda harus bisa menyimpan uang untuk pengeluaran sehari-hari selama 9 bulan (ingat tips untuk menyimpan 20 persen dari hasil pendapatan). Tidak ada yang menginginkan terjadinya hal buruk, namun mengetahui bahwa Anda memiliki jaminan di masa-masa sulit nanti, tentu akan sangat melegakan.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below