Tip Pembagian Warisan Tanpa Kendala



  • Konflik keluarga yang diawali perselisihan akibat pembagian harta wasiat bukanlah hal yang baru. Sungguh sangat disayangkan bila sebuah keluarga bertengar karena harta yang sifatnya sementara, namun mampu menghancurkan keharmonisan anggotanya yang lebih permanen. Terry Kovel, pengarang Kovel´s Antiques & Collectibles Price Guide, akan memberikan beberapa tips agar kita bisa lebih cermat dalam menghadapi persoalan ini.

    Resolusi damai

    Para ahli setuju bahwa dengan merencanakan, mengorganisasi, serta pertimbangan matang, sebuah keluarga bisa menghasilkan keputusan yang baik tanpa harus dibumbui dengan pertengkaran. Seperti kasus Annie Kellehe, seorang novelis yang menggunakan kesempatan pembagian warisan untuk mengakhiri masalah keluarganya. Ketika ia diwariskan harta dari mendiang sang nenek, Kelleher justru mengijinkan anggota keluarga lainnya untuk memilih barang apa saja yang mereka inginkan sehingga tidak ada yang merasa dibedakan, meski keputusan itu bertentangan dengan surat wasiat peninggalan sang nenek.



    Menghargai warisan yang (mungkin) tidak bernilai tinggi

    Bayangkan, apa yang akan Anda lakukan bila diwariskan seluruh koleksi pemantik api atau botol kaca antik milik seorang anggota keluarga? Kovel sendiri menyarankan agar Anda mencari bantuan dari keluarga atau teman yang memang mengerti tentang latar belakang serta nilai ekonomi barang-barang tersebut. Anda juga bisa mencarinya melalui internet, namun ingatlah bahwa setiap harga yang tercantum di internet merupakan harga eceran, sehingga Anda harus memberikan potongan setidaknya 30 persen saat ingin menjualnya.

    Hiraukan rasa bersalah

    Setelah Anda berhasil menemukan nominal harga barang-barang tersebut dan semua anggota keluarga telah mendapatkan apa yang mereka inginkan, Anda bisa menjual atau menyumbangkan beberapa barang yang tersisa. Kovel menyarankan bila Anda memang ingin menjual barang-barang warisan, hubungi perantara penjualan yang memang ahli. Anda tidak perlu merasa bersalah karena memilih untuk menjualnya. ¨Treat it like it´s money¨, ujar Kovel dengan lugas. Namun, simpanlah beberapa benda yang memang mengingatkan Anda pada pewarisnya.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below