Food & travel

Mudahnya Membuat Bola Ubi Keju

By : Cindy Egifania - 2015-01-20 11:03:18

Bahan

150 gr ubi jalar kuning

150 gr tepung terigu

75 gr tepung tapioka

2 sdt baking powder

1/4 sdt vanili bubuk

1/2 sdt garam

150 gram gula halus

75 ml susu cair

100 keju, potong kubus ukuran 1x1cm

25 gr gula halus untuk taburan (opsional)

MInyak untuk menggoreng

 

Cara membuat

  1. Kupas ubi jalar, kukus, dan lumatkan hingga halus.
  2. Ayak tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, garam dan tepung tapioka. Masukan campuran tepung ke dalam mangkuk yang berisi ubi yang telah dihaluskan, tambahkan gula halus dan aduk adonan hingga tercampur rata.
  3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung. JIka adonan masih keras, tambahkan susu cair secukupnya. Harap diperhatikan agar tidak memasukan terlalu banyak susu cair. Adonan yang terlalu lembek akan sulit dibentuk. Saat mencampur adonan sebaiknya jangan diuleni menggunakan tangan, tapi gunakan spatula kayu.
  4. Bagi adonan menjadi +/- 25 gr, pipihkan adonan di telapak tangan dan masukan 1 buah potongan keju ke tengah adonan yang telah dipihkan. Kemudian dengan menggunakan telapak tangan, bentuk adonan hingga berbentuk bola yang halus.
  5. Siapkan penggotengan, masukan minyak (cukup banyak). Panaskan dengan api kecil. Setelah penggorengan panas, masuka adonan bola ubi satu per satu. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah matang, angkat bola ubi dan tiriskan.
  6. Bola ubi siap disantap!

 

(TEKS: CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Food & travel