Hair & beauty

Cara Cuci Rambut yang Benar

By : Dian Sarwono - 2015-01-20 12:57:11 Cara Cuci Rambut yang Benar

Walau melakukannya hampir setiap hari, Anda mungkin tidak sadar bahwa ada cara-cara dalam mencuci rambut yang justru bisa merusak. Ingin menjaga kesehatan rambut Anda agar tetap bervolume dan bersinar? Simak step-step berikut ini.

  1. Awali dengan membilas - Membilas rambut Anda dengan air hangat akan membuka kutikel rambut dan melepaskan kotoran-kotoran yang ada di dalam rambut. Kulit kepala juga akan bereaksi dengan melepas oil yang kemudian akan mempermudah penyerapan kondisioner.
  2. Jika Anda memiliki rambut panjang, gunakanlah kondisioner terlebih dulu - Jika rambut Anda melebihi pundak, gunakanlah kondisioner setelah membilas dan sebelum menggunakan shampoo di ujung-ujung rambut Anda agar tidak kering dan rusak.
  3. Lather, tetapi hanya di kulit kepala - Cara terbaik untuk memakai shampoo untuk mencuci rambut adalah dengan memulai dari akar ke ujung, di mana akar yang melekat ke kulit kepala adalah bagian yang paling berminyak, dan ujung rambut adalah bagian yang paling kering.
  4. Cuci dengan lembut - Berhati-hatilah saat mencuci rambut Anda. Lakukanlah gerakan vertikal dengan tekanan medium. Jangan bergerak secara keliling karena akan menyebabkan rambut kusut.
  5. Jangan mengulang sehabis membilas - Kecuali proses pencucian yang pertama tidak menghasilkan busa, atau rambut Anda benar-benar kering. Hindari menggunakan shampoo dua kali.
  6. Gunakan kondisioner dari pertengahan sampai ujung rambut - Setelah membilas busa dari shampoo, peraslah air yang masih ada di rambut dan gunakanlah kondisioner. Jangan gunakan kondisioner di bagian akar rambut.
  7. Selesaikan dengan membilas menggunakan air dingin - Air dingin akan menutup kutikel rambut dan akan memberikan rambut Anda long-lasting shine.

 

(TEKS: KARA WYNONA ALIM / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Hair & beauty