Tip Membuat Rencana Time Budgeting



  • Harian:

    > Tulis kegiatan apa saja yang harus Anda lakukan esok hari, satu malam sebelumnya.

    > Pikirkan berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan dalam setiap kegiatan. Berikan estimasi kasar dan tambahkan sedikit waktu (misal: 10-15 menit). Ada beberapa hal yang membutuhkan waktu lebih lama dari yang Anda perkirakan.



    > Tentukan berapa banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan dalam satu hari. Jika merasa hanya bisa melakukan tiga, jangan tambahkan kegiatan lain.

    >Gunakan timer. Dengan begitu, Anda tak akan sibuk melirik ke arah jam.

    Mingguan:

    Anda bisa menggunakan metode yang sama seperti di atas untuk anggaran mingguan bahkan bulanan. Namun, hal itu tentu lebih tricky dan membutuhkan fleksibilitas. Cukup sulit membayangkan durasi waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan yang baru akan dilakukan dua minggu atau satu bulan ke depan.

    > Buat deadline. Kapan seharusnya satu aktivitas bisa diselesaikan? Tambahkan satu hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ternyata ada perubahan rencana, Anda tidak membuang waktu.

    > Bagi tugas menjadi beberapa bagian (jika memungkinkan) dan berikan deadline kecil setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikannya lebih cepat.

    OLEH KIKI RIAMA PRISKILA FOTO DOK. HER WORLD




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below