Life & health

Belajar Investasi Singkat

By : Kiki Riama Priskila - 2015-01-05 09:42:19 Belajar Investasi Singkat

Apa itu investasi?

Investasi merupakan bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk mendapatkan hasil atau keuntungan di masa yang akan datang atau paling tidak menjaga dananya dari penurunan nilai di masa yang akan datang. Sebagai contoh, seorang anak menginvestasikan waktu bermainnya untuk pergi ke sekolah, di masa yang akan datang tentu ia memiliki jaminan kehidupan yang lebih baik dibanding mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk bermain. Perumpamaan ini kita ganti dengan uang, seandainya uang yang Anda peroleh sekarang langsung dinikmati, tentu tidak ada keuntungan yang dapat Anda peroleh di masa depan.

Manfaat berinvestasi

Manfaat investasi berbeda-beda untuk setiap individu, hal tersebut tergantung dari apa motivasi Anda berinvestasi, semisal untuk pendidikan anak, dana pensiun, perjalanan jangka panjang dan sebagainya. Tapi yang pasti, investasi sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Berinvestasi juga dapat membuat Anda menjadi lebih hemat dan tidak bersikap konsumtif yang bisa berdampak buruk seperti terjerat utang.

Kapan waktu yang tepat melakukannya?

Investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Di negara maju banyak orangtua yang mulai mendidik anak mereka agar melakukan investasi sejak dini. Uang merupakan harta dengan tingkat likuiditas 100 persen, tapi menyimpannya dalam bentuk uang saja tidak akan menghasilkan keuntungan apa-apa bagi pemiliknya, bahkan bisa habis dalam sekejap untuk konsumsi yang tidak perlu. Jadi mulailah berinvestasi sekarang juga!

 

(TEKS: CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health