MOCO Aplikasi Social Reading Pertama di Indonesia



  • Semakin berkembangnya teknologi, masyarakat telah beralih dari media konvensional ke media digital. Koran, majalah, dan jurnal tidak lagi hanya dapat dibaca melalui media cetak, sama seperti film dan musik yang tidak lagi hanya diakses melalui tv dan radio. Kini, semuanya dapat diakses melalui perangkat digital dalam satu genggam. Begitu pula dengan dunia buku cetak dan penerbitan Indonesia. Perubahan budaya baca, memberikan inspirasi kepada Aksaramaya untuk memberikan cara baru dalam membaca buku melalui aplikasi bernama MOCO.

    MOCO merupakan aplikasi social reading pertama di Indonesia karya anak bangsa yang menggabungkan kegiatan membaca secara digital dengan membenamkan fitur media sosial di dalamnya. Membaca buku tidak lagi dinikmati sendirian. Pengguna dapat berinteraksi satu sama lain, termasuk dengan penulis berdasarkan buku yang dibaca (book based). Didukung oleh fitur media sosial, menciptakan engagement yang kuat antar pengguna dalam ekosistem membaca digital. Untuk mengaksesnya pun tidak sulit, karena pengguna dapat mengakses MOCO secara online dan offline.

    Pembaca juga bisa meminjam buku dengan cara menjadi anggota di salah satu e-pustaka yang tergabung di MOCO. Selain itu, MOCO juga memberikan jalan bagi penulis yang ingin menerbitkan karya tulisanya dengan format digital. Kemudahan lain yang bisa didapat adalah adanya fitur Payment Gateway dengan sistem Deposit Point sehingga pembaca tidak akan terbebani dengan biaya transaksinya. Untuk mendapatkan poin, Aksaramaya bekerjasama dengan Bank BCA melalui BCA KlikPay dan SMS Banking Mandiri. Tak hanya itu, MOCO juga menyediakan payment gateway sendiri, berupa SMS Gateway, voucher, dan transfer bank manual serta Gift yang sangat mudah karena pembaca bisa saling tukar poin melalui fasilitas Gift ini.



    Aplikasi MOCO telah bisa diakses sejak 8 Juni 2014 dan diharapkan bisa membangun sebuah ekosistem membaca digital yang lebih luas dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konten. Saat ini, MOCO dapat dijalankan dengan sistem Android, iOS, dan Hybrid menggunakan perangkat smartphone dan desktop/laptop. Untuk mengunduh, Anda bisa langsung kunjungi playstore, appstore, dan www.store.moco.co.id.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. MOCO)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below