Profile: Andi Djati Utomo



  • Awal mula menekuni bidang florist?

    Sejak duduk di bangku SMA saya sudah mulai belajar merangkai bunga. Pada saat itu saya masih tinggal di Semarang. Kegiatan ini terus berlangsung hingga saya lulus kuliah desain interior di Jakarta pada tahun 1999. Dilanjutkan dengan saya bekerja di sebuah florist di Jakarta, sambil terus belajar merangkai bunga secara berkala di luar negeri. Di tahun 2008 akhirnya saya berhasil mengelola Exquisite Bridal Bouquet Specialist hingga saat ini. Barulah di tahun 2013, saya bersama beberapa rekan membuka lembaga pendidikan merangkai bunga dan saya berkesempatan untuk menjadi pengajar tetap.

     



    Jenis bunga apa saja yang Exquisite Bridal Bouquet Specialist gunakan?

    Yang pasti, kami sangat memerhatikan keinginan dari calon pengantin dalam pembuatan bridal bouqet. Saya tidak pernah membatasi diri dalam menggunakan jenis bunga tertentu. Hampir seluruh jenis bunga pernah kami gunakan yang tentunya sesuai trenseperti bunga-bunga peoni, tulip, hydrangea, mawar, dan lainnya.

     

    Apa ciri khas dari rangkaian bunga Anda?

    Ciri khas khusus sebenarnya adalah “unik dan berani tampil beda”. Selain itu tentunya adalah detail dan kerapihan pembuatan. Jujur, belum banyak pengantin yang berani tampil beda. Umumnya mereka lebih memilih sesuatu yang sedang menjadi tren, atau sesuatu yang sering dilihat, digunakan oleh pengantin lainnya. Banyak calon pengantin yang sudah menetapkan pilihan dan keinginan sebelum datang ke tempat kami.  Pada intinya kami selalu mengutamakan keinginan dari calon pengantin tersebut.

     

    Apa kesulitan terbesar sebagai seorang florist?

    Kesulitan terbesar sebenarnya adalah “menerjemahkan” keinginan klien ke dalam karya kita. Kadang ego kita sebagai “floral designer” harus sering mengalah demi keinginan klien. Di Indonesia kesulitan lain yang dialami adalah ketersediaan bunga baik lokal maupun impor yang tidak menentu. Sulit bagi para florist untuk menjanjikan jenis bunga tertentu karena kami khawatir bunga yang dipesan tidak tersedia dari supplier menjelang hari pernikahan.

     

    Selama ini, jenis rangkaian terunik apa yang pernah Anda buat?

    Sebenarnya bisa dikatakan bahwa setiap karya yang saya hasilkan sebenarnya unik. Namun bila harus menjawab yang “terunik” sebenarnya ada beberapa, mulai dari warnanya yang tidak biasa, seperti warna hitam, rangkaian bertema origami, atau toss bouquet (untuk dilempar) yang terbuat dari uang.

     

    Exquisite Bridal Bouquet specialist
    by Andy Djati Utomo S.Sn AIFD, CFD

    Bellezza Shopping Arcade Unit L1-19

    Jl. Letjen Soepeno No. 34, Arteri Permata Hijau, Jakarta Selatan
    Tel.  0818711416 / 021-373 555 72

    email. [email protected]

     

    (TEKS: NABILA MECADINISA / FOTO: DOK. EXQUISITE BRIDAL BOUQET)


    andi djati utomo


    0

    flower arrangement


    0

    flower arrangement


    0



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below