Life & health

5 Manfaat Seks untuk Kesehatan

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-12-17 09:08:28 5 Manfaat Seks untuk Kesehatan

Menaikkan sistem imun tubuh.

Manfaat seks untuk kesehatan yang pertama adalah menaikkan antibodi. Menurut Yvonne K. Fulbright, PhD, sexual health expert, orang-orang yang aktif secara seksual lebih jarang sakit dari mereka yang pasif secara seksual. Orang-orang yang aktif seksual mempunyai antibodi yang lebih tinggi, ini juga terbukti dari penelitian di Wilkes University, Pennsylvania yang menemukan bahwa mahasiswa yang berhubungan seks lebih dari sekali dalam seminggu punya antibodi yang lebih tinggi dari mahasiswa lain yang pasif. Namun Anda juga harus melakukan beberapa hal yang membuat sistem imun Anda "bahagia" yakni pola makan yang baik, aktif, tidur cukup, melakukan vaksinasi, dan menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Menaikkan libido.

"Bercinta bisa membuat kehidupan seks jadi lebih baik dan menaikkan libido," ujar Lauren Streicher, MD, assistant clinical professor of obstetrics and gynecology di Northwestern University’s Feinberg School of Medicine, Chicago. Bagi perempuan, bercinta dapat membuat vagina semakin sering terlubrikasi, memperlancar peredaran darah, dan elastisitas tubuh.

Menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi menemukan bahwa hubungan seksual (bukan masturbasi) dapat menurunkan tekanan darah. Studi ini dibenarkan oleh Joseph J. Pinzone, MD, CEO dan medical director di Amai Wellness.

Olah raga yang menyenangkan.

Satu menit berhubungan badan sama dengan membakar lima kalori per menit, empat kalori lebih tinggi dari kegiatan menonton TV. Berhubungan seks juga akan memacu detak jantung dan mengaktifkan berbagai otot tubuh. Ya, ini adalah olah raga yang paling mudah dan menyenangkan.

Membuat tidur nyenyak.

Selesai "bertarung" di ranjang, Anda akan kelelahan dan mungkin langsung terlelap. Ini tidak mengherankan sebab setelah orgasme, hormon prolaktin pun keluar, dan hormon ini berhubungan dengan perasaan relaks dan mengantuk.

 

(TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health