Brides

Cara Dapatkan Vendor Pernikahan yang Tepat

By : Nabila - 2014-11-28 09:59:02 Cara Dapatkan Vendor Pernikahan yang Tepat

1. Buatlah bujet. Mulailah menghilangkan beberapa daftar vendor yang harganya jauh di atas bujet yang telah dipersiapkan, untuk lebih menghemat waktu. Setelah itu, Anda juga harus membuat persentase mengenai uang yang harus Anda keluarkan untuk tempat, dekorasi, gaun dan lainnya. Misalnya, Anda merencanakan pesta pernikahan dengan tema pesta kebun, maka persentase pengeluaran Anda:

Kue: 2-3%
gaun: 3-5%
Bunga: 5-15%
Fotografi: 7-13%
Makanan resepsi: 35-55%

2. Bicaralah dengan manajer tempat pernikahan Anda. Biasanya ia telah memiliki pengalaman yang banyak dengan pernikahan sebelumnya. Jadi, dia akan membantu Anda memilihkan vendor pernikahan yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, manajer dari tempat pernikahan Anda tahu betul mengenai profesionalisme dari vendor-vendor yang pernah mengadakan acara ditempatnya, sehingga akan merekomendasikan Anda vendor terbaik yang bisa bekerjasama dengan pihak tempat acara dan calon pengantin.

3. Kunjungi pameran pernikahan. Pameran semacam ini biasanya akan diadakan setiap tahun, dan disini pula Anda akan memiliki banyak pilihan vendor dalam satu tempat. Anda bisa membandingkan hasil kerja vendor-vendor tersebut dari portofolio mereka dan menemukan inspirasi baru bagi pernikahan.

4. Menyewa wedding organizer. Sebuah wedding organizer memiliki akses pada banyak vendor dan akan menyesuaikan pilihan vendor dengan tema serta bujet Anda. Mereka juga akan mempersiapkan segala sesuatunya bahkan detil kecil yang sering terlupakan oleh calon pengantin.

5. Potongan harga. Dengan mengkombinasikan pelayanan yang ditawarkan, seperti menyewa gaun pengantin berikut fotografer pernikahan mungkin Anda akan mendapatkan penawaran menarik seperti potongan harga. Cari vendor yang menawarkan potongan harga tapi tidak menurunkan kualitas. Perencanaan pernikahan membutuhkan budget yang tidak kecil, untuk itu memotong beberapa pengeluaran dengan memanfaatkan diskon akan sangat bijak dilakukan.

6. Bicara dengan keluarga dan teman dekat yang telah menikah. Mintalah saran-saran dari orang terdekat Anda untuk memilih vendor yang berkualitas. Karena pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, orang terdekat pun akan memberi saran yang terbaik. Atau Anda juga bisa menilai dari website vendor-vendor pilihan Anda. Lihat review dari konsumen yang pernah mencoba vendor itu dan cari tahu kepuasan pelanggannya.

7. Tanda tangani kontrak. Sebelum Anda menandatangani kontrak yang mengikat tersebut, pastikan Anda benar-benar membaca syarat dan kondisi untuk menghindarkan Anda dari pengeluaran tambahan yang tak terduga. Selain itu, pastikan Anda mendapat ganti rugi jika vendor mendadak tidak bisa menangani pesta Anda.

 

(TEKS: NABILA MECADINISA / FOTO: DOK. HER WORLD)

Brides