Tip Siapkan Dana Darurat



  • Managing Your Financial

    Mulailah membuat rincian pengeluaran wajib yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Pastikan tidak ada satu pun yang terlewat, seperti tagihan kartu kredit, asuransi, cicilan mobil, tagihan internet, pajak, hingga biaya hiburan.

    Make Average



    Coba lihat kembali pengeluaran Anda tiga sampai empat bulan sebelumnya, dengan begini Anda bisa menghitung rata-rata pengeluaran setiap bulan dan membantu Anda menentukan besarnya dana darurat yang harus disiapkan.

    Based on Living Cost

    Jumlah dana darurat ini biasanya berkisar antara tiga sampai enam kali lipat dari biaya hidup Anda setiap bulannya. Jika pengeluaran Anda setiap bulan adalah Rp3 juta, maka dana darurat yang harus Anda siapkan berkisar antara Rp9-Rp18 juta.

    Protect your fund

    Jangan tergoda menggunakan dana darurat untuk keperluan sehari-hari. Yakinkan diri bahwa dana ini disiapkan untuk kebutuhan lain yang lebih darurat.

    Evaluating

    Sudah matang dengan perencanaan keuangan, tapi belum lengkap rasanya jika tidak dilanjutkan dengan evaluasi. Ini akan memudahkan Anda untuk merevisi anggaran dana darurat apakah sudah cukup untuk menyelamatkan Anda di saat kritis atau perlu ditambah lagi.

     

    (TEKS: TIKA SYLVIA UTAMI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below