Indonesia Menari 2014 Pecahkan Rekor MURI



  • Galeri Indonesia Kaya baru saja menggelar Indonesia Menari 2014 (23/11) yang diselenggarakan di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta. Kegiatan ini diadakan menyusul kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Menari tahun 2012 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, dan secara indoor di Grand Indonesia Shopping Town tahun 2013 lalu. Kegiatan ini dilangsungkan dalam bentuk tarian massal lengkap dengan koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern berdurasi 4 menit. Berbagai komunitas turut berpartisipasi dalam Indonesia Menari 2014 seperti Abang None Jakarta, komunitas anak muda, sanggar-sanggar tari dan komunitas pencinta tari, sekolah dan universitas di Jakarta dengan total 1.200 peserta yang terdiri dari 76 grup dan 207 individu.

    Pada tahun 2012 lalu, penyelenggaraan Indonesia Menari mampu mendorong semangat yang menjunjung harmonisasi dalam keberagaman budaya Indonesia dan berhasil meraih 2 penghargaan MURI dengan kategori Menari Tarian Nusantara dengan Peserta Terbanyak dan Flashmob Nandak Betawi Pertama dan Terbesar.

    Untuk tahun ini, Galeri Indonesia Kaya juga meraih penghargaan MURI sebagai Parade Tari Nusantara di dalam Mall dengan Penari Terbanyak. Penghargaan ini diberikan oleh Osmar Semesta Susilo dan diterima oleh Renitasari Adrian, selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.



    Konsep tarian Indonesia Menari 2014, Galeri Indonesia Kaya menggandeng Eko Supriyanto, koreografer profesional yang telah menciptakan banyak karya, termasuk menjadi penari untuk Madonna, konsultan tari Lion King yang dipentaskan di Broadway, serta penari sekaligus koreografer untuk Petter Sellars and John Adam's Opera Flowering Tree. Koreografi tarian ini diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Minang (Tak Tong Tong), Jawa Barat (Manuk Dadali), Betawi (Kicir-kicir), dan Maluku (Ayo Mama).

    Acara ini juga dimeriahkan oleh Hedi Yunus, Gianti Giadi dari Gigi Art of Dance, dan Chelsea Islan yang berbaur dan menari bersama para peserta Indonesia Menari 2014. "Acara ini keren banget karena meski kita bukan penari, tapi kita bisa menari bersama-sama di tengah mal. Dengan menari, kita bisa tunjukkan bahwa kita cinta budaya Indonesia," ujar Chelsea.

    Kegiatan Indonesia Menari 2014 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB di 5 titik mal, antara lain Ground Floor, lantai 1 & 2, area Fountain Atrium di lantai 3A, dan di depan Galeri Indonesia Kaya lantai 8. Konsep koreografi dapat disaksikan di situs www.youtube.com/indonesiamenari.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. GALERI INDONESIA KAYA)


    Indonesia Menari 2014 pecahkan rekor MURI


    0

    Chelsea Islan turut ramaikan Indonesia Menari 2014


    0