Peluncuran Buku Ke-8 Ibu Mien R. Uno



  • Rabu lalu bertempat di The Dharmawangsa, Jakarta, Ibu Mien R. Uno dan Gramedia Pustaka Utama secara resmi meluncurkan buku berjudul Kebayaku. Buku ke delapan Ibu Mien kali ini bercerita tentang seluk beluk busana nasional khas Indonesia, Kebaya. Mulai dari sejarah, filosofi, hingga ide padu padan kebaya lengkap dijabarkan di dalamnya.

    Ide awal penyusunan buku ini muncul ketika Ibu Mien melihat perkembangan kebaya nasional yang begitu pesat. Ranah mode tanah air pun tak lekang dalam mengembangkan kebaya sebagai bagian dari industrinya dan terbukti telah mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam berbagai segmentasi. Kreativitas para perancang dalam menggali dan mengadaptasi kebaya nyatanya juga semakin terlihat menonjol dan dinamis seiring dengan modernisasi zaman.

    Berlatar belakang hal tersebut, bersama Debbie S. Suryawan, Ibu Mien R. Uno berusaha menuangkan deskripsi dan inspirasi kebaya nasional ke dalam sebuah dokumentasi detail yang kelak diharapkan mampu memberi bekal kepada generasi penerus untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.



     

    (TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: DOK. KEBAYAKU)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below