Food & travel

Tip Hemat Liburan

By : Anggita Dwinda - 2014-11-19 11:14:12

Pilih waktu makan yang tepat. Jika ingin memanjakan diri dengan makanan yang besar dan "mewah", lebih baik pilih waktu makan siang karena cenderung lebih murah dibanding makan malam. Bonus: jika Anda memilih sarapan dan makan siang yang besar lalu makan malam yang ringan, maka akan berdampak lebih baik untuk kesehatan.

Lebih spesifik saat menyewa mobil. Penyewaan mobil yang bersifat one way (saat lokasi pick up dan drop off berbeda) terkadang dua kali lipat lebih mahal dibanding harga standar penyewaan, apalagi kalau kedua lokasi tersebut di dua kota atau negara yang berbeda. Misalnya, jika Anda membutuhkan mobil selama tujuh hari dan akan berada di kota A selama lima hari dan di kota B selama dua hari, bagi periode penyewaan jadi dua dan sewalah satu mobil di kota A selama lima hari sementara sisanya menggunakan jasa one day rental.

Pilih transportasi malam hari. Jika waktu perjalanannya panjang, pertimbangkan untuk memilih perjalanan pada malam hari untuk tak hanya menghemat pengeluaran akomodasi, namun juga waktu yang dihabiskan di jalan.

Pertimbangkan menyewa suite di hotel. Jika Anda berlibur bersama keluarga atau orang banyak, mengapa tidak mencoba memesan two-bedroom suite yang disediakan beberapa hotel ketimbang dua kamar biasa? Selain lebih murah dan praktis, Anda juga tak perlu khawatir soal privasi karena pada akhirnya sama saja bila Anda memesan kamar sendiri.

Lebih fleksibel tentang travel days. Kebanyakan harga didasari oleh suplai dan permintaan, jadi sebenarnya akan lebih murah untuk pergi sehari sebelum atau sesudah high season. Lakukan riset dan pertimbangkan apakah memperpanjang satu hari akan berpengaruh pada bujet Anda.

 

(TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Food & travel