Waktu Tepat untuk Ke Dokter



  • Seberapa sering Anda menyepelekan gejala ringan pada tubuh? Kadang Anda berpikir, itu hanya gejala flu yang bisa dibiarkan, karena akan sembuh sendiri. Namun ternyata bisa apa yang Anda rasakan merupakan sinyal yang dikirimkan tubuh untuk sesuatu yang lebih serius. Berikut adalah beberapa gejala "ringan" yang tidak boleh dibiarkan.

     

    Batuk



    Anda pIkir Hanya sekadar alergi atau batuk yang wajar karena Anda baru sembuh flu.

    Hal yang mungkin terjadi? Dalam beberapa kasus ekstrim, batuk kronis bisa saja tanda dari kanker paru-paru atau tipe kanker lainnya yang telah menyebar. Batuk berlebih juga bisa mengindikasikan adanya infeksi saluran pernapasan, penyempitan paru-paru, bahkan TBC. "Perhatikan gejala lain seperti, dada terasa sesak, napas pendek, atau ada tidaknya bercak darah dalam dahak Anda," ucap Dr. Ong Kian Chung dari Mount Elizabeth Hospital.

    Kapan harus ke dokter? Jika Anda telah mengalami batuk selama lebih dari tiga minggu, atau jika Anda mengalami beberapa gejala lain seperti yang telah disebutkan di atas. Segera ke rumah sakit, dan lakukan pemeriksaan X-Ray pada dada.

    Kram Perut Saat Menstruasi

    Anda pikir Beberapa masa terburuk dalam priode menstruasi Anda. Bukan hal yang besar.

    Hal yang mungkin terjadi? "Nyeri haid sekunder, merupakan jenis kram menstruasi yang sangat menyakitkan, kadang-kadang disertai dengan pendarahan berat dan tidak teratur," ucap dokter kandungan Dr. Shamini Nair dari Raffles Hospital, Singapura. Penyebabnya antara lain endometriosis yakni sebuah keadaan di mana lapisan rahim yang akan luruh untuk menjadi haid, terletak di luar rahim. Kemudian bisa juga karena adanya kista rahim dan adenomyosis atau suatu kondisi di mana jaringan endometrium yang seharusnya sejajar dengan uterus, bergeser ke bagian otot uterus. Meskipun tidak ada yang bisa mengancam nyawa Anda, tapi rasa sakitnya bisa begitu mengganggu dan Anda mungkin butuh operasi untuk mengatasinya.

    Kapan harus ke dokter? Ketika kram yang Anda rasakan sudah tidak dapat tertahakan dan menghalangi Anda untuk beraktivitas, atau jika rasa kram yang Anda alami disertai dengan gejala seperti muntah, diare, dan meriang.

    Lelah

    Anda pikir Sesuatu yang wajar karena Anda sedang dalam jadwal tersibuk - Anda bekerja keras, kekurangan tidur dan makan tidak teratur.

    Hal yang mungkin terjadi? Menurut Dr. Wong Mei Won, dokter senior dari Raffles Hospital, Singapura, kelelahan kronis bisa jadi merupakan gejala dari kondisi medis yang serius seoerti kanker, anemia, diabetes, tiroid, depresi, dan sebagainya.

    Kapan harus ke dokter? Ketika rasa lelah yang Anda alami tak kunjung hilang setelah lebih dari enam minggu, meskipun Anda telah memiliki waktu tidur yang cukup - tujug sampai delapan jam - dan atau rasa lelah Anda diikuti dengan sakit kepala, susah bernapas, nyeri otot, kaki kebas, sulit konsentrasi, gangguan tidur, kehilangan berat badan yang tidak beralasan atau meriang. Segera temui dokter dan lakukan pemeriksaan seluruh tubuh.

     

    (TEKS: CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below