Alasan Mengapa Panda Berwarna Hitam Putih



  • Panda yang berasal dari Cina adalah hewan yang sangat langka. Diperkirakan hanya ada sekitar 2.000 – 3.000 panda di seluruh dunia! Bentuk tubuh hewan ini sangat mirip dengan beruang, namun panda hanya memiliki warna hitam dan putih. Para ilmuwan menduga bahwa warna ini adalah bentuk kamuflase yang efektif di habitat panda yang hidup di wilayah berbatu dan bersalju. Bulu panda yang tebal juga biasa digunakan untuk menjaga kehangatan tubuh mereka.

    Wildlife Reserve Singapore (WRS) merupakan perusahaan induk dari atraksi-atraksi seperti Jurong Bird Park, Night Safari, Singapore Zoo, dan River Safari yang baru saja dibuka. Dua ekor panda dari jenis hewan yang langka ini kini tinggal di River Safari, bernama Kai Kai dan Jia Jia. Demi kenyamanan dua panda kecil ini, tempat tinggal mereka di River Safari dibuat sama persis seperti bentuk habitat mereka di alam bebas.

    Di bulan September lalu, Kai Kai dan Jia Jia baru saja merayakan ulang tahun pertama bersama para pengunjung River Safari. Keduanya yang menjadi salah satu hewan favorit para pengunjung ternyata telah bermukim di sana selama satu tahun terakhir. Sama seperti panda lainnya, Kai Kai dan Jia Jia sangat gemar makan. Dalam sebulan, mereka bisa menghabiskan 200 kg batang bambu! Selain hobi makan, panda juga gemar tidur. Keduanya bisa tidur hingga 14 jam dalam sehari. Jika tidak, mereka bisa cepat lelah dan tidak bersemangat. Tinggi badan seekor panda dewasa bisa mencapai 1,8 m dan berat badan panda jantan bisa mencapai 160 kg, sedangkan seekor panda betina memiliki berat 75 – 125 kg.



    Ingin melihat langsung kelucuan dua ekor panda mungil ini? Langsung kunjungi www.wrs.com.sg.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. WILDLIFE RESERVE SINGAPORE)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below