News

Lenong Rumpi Modern Hadir di Indonesia Kaya

By : Kiki Riama Priskila - 2014-10-09 02:45:59 Lenong Rumpi Modern Hadir di Indonesia Kaya

Masih dalam rangka acara ulang tahun Galeri Indonesia Kaya, Institut Musik Daya Indonesia (IMDI) bekerja sama dengan Sruti Respati menampilkan Lenong Rumpi Modern Menguak Indonesia Kaya di Auditorium Galeri Indonesia Kaya pada hari Rabu lalu (08/10). Sruti Respati menampilkan sebuah gabungan dari lenong rumpi dan multimedia yang menguak keberagaman budaya Indonesia.

Sinopsis dari lenong rumpi ini bercerita tentang kebudayaan Indonesia ada di Galeri Indonesia Kaya. Menurut Sruti Respati, dirinya sangat antusias saat diajak oleh IMDI untuk menyajikan sebuah pertunjukan drama musikal dengan unsur lenong. "Latar belakang saya sebagai pesinden berkolaborasi dengan IMDI dengan membawakan lagu-lagu daerah dan lagu karangan sendiri semoga bisa membawa hawa segar dan dapat mendekatkan masyarakat dengan keberagaman budaya Indonesia," jelasnya.

IMDI yang terinspirasi untuk mendekatkan kembali anak muda dengan tradisi budayanya, menyuguhkan pertunjukan musik indah dengan gubahan lagu-lagu daerah dan lagu-lagu karangan sendiri. Sebanyak enam lagu dibawakan. Beberapa diantaranya adalah lagu Ondel-Ondel, Cublak-Cublak Suweng, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Tanah Airku.

Institut musik yang didirikan pada bulan Februari 2001 lalu ini merupakan akademi musik independen pertama di Indonesia yang menawarkan kurikulum standar internasional yang komprehensif. IMDI sendiri telah menjadi anggota asosiasi dari Asosiasi Internasional Sekolah Jazz (IASJ) sejak tahun 2004 dan PRASASTI Gelar SENI (Perhimpunan Indonesia Seni Pertunjukan Pendidik & Praktisi) sejak tahun 2009.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. GALERI INDONESIA KAYA)

News