Nail That Phone Interview!



  •  Jangan sampai kesempatan emas Anda hilang hanya karena ada masalah jaringan atau salah pengertian di tengah-tengah pembicaraan! Berikut beberapa tip untuk menyiasati wawancara lewat telepon:

     

    1) Dengarkan Radio



    Dalam wawancara di telepon, suara Anda lah yang jadi penentu keberhasilan karena hanya itu kesan yang bisa disampaikan ke pihak pewawancara. Nyalakan radio dan perhatikan cara para penyiar melafalkan setiap kata, dan juga nadanya.

     

    2) Berpakaian Rapi

    Tetaplah berpakaian rapi dan profesional seolah-olah Anda berada di sana secara fisik. Sebuah studi menemukan bahwa calon pegawai yang diwawancara lewat telepon dan mengenakan business clothing akan mengeluarkan nada suara dan pilihan kata-kata yang terdengar lebih profesional.

     

    3) Buat Suasana Kerja Sendiri

    Lebih baik duduk tegak di depan meja, dibandingkan berdiri dan berjalan-jalan keliling ruangan. Kalau perlu, cetak foto pewawancara (bisa didapatkan dari profil LinkedIn mereka), dan taruhlah di layar komputer. agar lebih bisa mendalami mood.

     

    4) Antisipasi Semua Gangguan

    Suara bising di latar belakang bisa jadi gangguan yang fatal. Minta seseorang di rumah untuk mematikan TV, dan menutup jendela untuk memblokir suara dari luar.

     

    5) Ikuti Peraturan 3 Detik

    Setiap pewawancara menanyakan sesuatu, tunggu selama 3 detik sebelum menjawab. Dengan demikian, Anda memberi kesan telah memikirkan jawaban Anda dengan baik, dan bukannya asal bicara.

     

    (Anggita Dwinda Saraswati / FOTO: Dok. her world)