Buat Hidup Lebih Seimbang



  • Bagaimana cara mendapatkan hidup yang lebih seimbang, antara karier dan keluarga? Bagaimana kalau kita malah jadi 'keasyikan' bekerja hingga lupa, bahkan meremehkan, aspek lain dalam hidup kita? Tata kembali hidup Anda dengan tip-tip berikut ini.

     

    1) Buat Batas Antara Kantor dan Rumah



    Jika Anda sulit berhenti memikirkan pekerjaan setelah meninggalkan kantor, bayangkan sebuah filing cabinet di kepala Anda. Duduklah di tempat yang tenang, 'buka' filing cabinet tersebut dan hadapi masalah pekerjaan yang mengganggu pikiran. Coba lakukan ini di hari Jumat sebelum pulang kantor dan menyambut akhir pekan.

     

    2) Tinggalkan Kebiasaan Multitasking di Kantor

    Untuk menyeimbangkan waktu kerja dan saat santai, coba tulis lima contoh pekerjaan saat Anda memasuki waktu santai. Jika Anda termasuk tipe yang rajin melihat handphone setiap 5 menit, maka kurangilah jadi hanya sekali atau 2 kali dalam semalam. Dengan mengubah kebiasaan tidak penting menjadi sebuah conscious choice, maka Anda mengurangi kadar stres dari hidup Anda.

     

    3) Perluas Jaringan di Luar Pekerjaan

    Menghabiskan waktu dengan seseorang yang tidak berada dalam lingkup kerja tak hanya membantu untuk 'melepas' peran Anda di kantor, tapi juga memperkaya pengetahuan saat sedang bertukar pikiran tentang berbagai hal.

     

    4) Beri Batas Waktu untuk Bicarakan Pekerjaan

    Saat berkumpul, buat persetujuan bersama untuk berkeluh kesah atau berdiskusi tentang apapun yang berhubungan dengan pekerjaan hanya selama 10 menit. Tunjuk seseorang untuk jadi pencatat waktu. Saat waktu sudah habis, segera putar pembicaraan ke hal lain - mulai dari perang di Syria hingga tas yang ingin Anda beli.

     

    5) Jadikan Rumah Anda Sebagai Suaka

    Alihkan fokus Anda ke hal lain yang bisa jadi kesibukan di rumah, seperti proyek pribadi. Kumpulkan foto-foto lama dan buat scrapbook, berlatihlah membuat tiramisu yang sempurna, atau dekorasi ulang kamar Anda agar lebih terasa sebagai ruang pribadi milik Anda ketimbang hotel.

     

    (Anggita Dwinda Saraswati / FOTO: ThinkStock)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below