Antisipasi pengeluaran tak terduga saat berlibur



  • Namanya berlibur pastilah menyenangkan. Beberapa orang bahkan merencanakannya secara mendetail. Namun demikian, ada saja hal-hal tak terduga yang terjadi meski kita sudah mempersiapkannya dengan sangat matang. Perhatikan empat hal berikut ini:

    1. Jaga kondisi tubuh Anda. Supaya liburan Anda dan keluarga maksimal, hindari aktivitas yang membuat badan terlalu lelah dan bisa menyebabkan Anda mudah jatuh sakit. Kalau Anda mempunyai penyakit tertentu, berkonsultasilah ke dokter sebelum berlibur sehingga ada persediaan obat yang dibutuhkan.



    2. Cari tahu perihal transportasi umum. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak perlu bepergian menggunakan taksi, yang bisa jadi sangat mahal biayanya. Oleh karena itu, ketahui jadwal keberangkatan transportasi umum dan buat perencanaan kunjungan ke lokasi wisata sesuai dengan jadwal tersebut.

    3. Buat daftar oleh-oleh. Sebelum berlibur, Anda bisa menyusun daftar nama-nama yang akan Anda belikan oleh-oleh. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan jumlah uang yang akan dihabiskan dan mampu menahan keinginan dalam berbelanja.

    4. Ketahui biaya masuk lokasi wisata. Sebaiknya rencanakan dengan baik tempat apa saja yang akan Anda kunjungi termasuk biaya yang dibutuhkan untuk ke sana dan berapa uang tip yang harus dikeluarkan, jika memang diperlukan.

    (Theresia Junita Christy/ Foto: Dok her world)

     





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below