6 Kolaborasi Unik Antar Brand Lokal yang Mencuri Perhatian
By : Her World Indonesia - 2025-06-05 09:00:01Perkembangan zaman telah menuntut industri kreatif untuk bisa berinovasi. Terlebih di sektor fashion, hanya sebatas mengandalkan koleksi rancanganin-house saja tidaklah cukup untuk bisa bertahan di industri yang semakin dinamis. Menilik perkembangan ini, berbagai brand fashion lokal semakin berani melangkah keluar dari zona nyaman dan menjalin kolaborasi lintas industri dengan sesama brand lokal. Lambat laun kolaborasi ini pun tidak hanya menjadi sebatas strategi pemasaran, tapi menjadi wujud nyata dari komitmen menelusuri kreativitas yang lebih luas. Intip berbagai kolaborasi antar brand lokal selengkapnya di sini!
5 Kolaborasi Unik Antar Brand Lokal Dari Fashion ke Kuliner
Berbagai industri terutama fashion melihat kolaborasi sebagai nilai yang semakin dicari masyarakat masa kini. Alhasil merek-merek lokal pun berupaya menghasilkan produk kolaborasi yang unik dan segar. Tak sebatas menggandeng sesama brand fashion, merek-merek lokal ini juga bekerja sama dengan profesional atau brand lain dari dunia kuliner hingga seni. Menunjukkan perpaduan identitas yang mencerminkan kekayaan ide dan keberanian untuk tampil berbeda. Apa saja kolaborasi unik antar brand lokal yang menarik? Berikut ulasannya bersama Her World.
1. Sejauh Mata Memandang X Eko Nugroho
(Perpaduan seni kontemporer dengan fashion. Foto: Dok. sejauh_mata_memandang/Instagram)
Kolaborasi yang satu ini berhasil memikat banyak penggemar dari dua industri berbeda: mode dan seni. Kolaborasi ini melibatkan seniman kontemporer asal Indonesia Eko Nugroho. Keduanya memadukan seni dan mode dalam sebuah pameran yang eksploratif dan intimate. Terdapat sentuhan tekstil khas Nusantara melebur dengan estetika seni, menciptakan visual yang memanjakan mata.
Kolaborasi ini hadir dengan berbagai produk Sejauh Mata Memandang dan DGTMB, label seni dari Eko Nugroho. Mulai dari kain, selendang, hingga scarf batik tulis dapat dijumpai di koleksi mereka. Tak sebatas menawarkan produk pakaian, adapun instalasi istimewa seperti karpet bermotif yang dibuat oleh Fio Carpet berbahan organik dari cangkang inti sawit.
(Baca juga: TUMI Luncurkan 19 Degree Lite Bersama Xenia Adonts!)
2. RIAMIRANDA X BYO
(Kolaborasi penuh warna. Foto: Dok. riamiranda.lampung/Instagram)
RiaMiranda dikenal akan signature style yang feminin dan elegan. Namun ciri khas ini disulap menjadi lebih ekspresif dan ikonis ketika berkolaborasi dengan Byo, merek lokal yang terkenal akan craftsmanship dalam membuat tas. Bertajuk Uniting Vision, Elevating Beauty, kolaborasi ini menciptakan koleksi yang futuristik dan beraksen. Salah satu elemen baru dalam koleksinya adalah double pleats.
Tak hanya menghadirkan lini pakaian dengan palet warna khas seperti pink, navy, grey, dan broken white, adapun pilihan tote bag yang didesain dengan detail bunga tulip. Menariknya, proses pembuatan tas ini melibatkan pengrajin ahli untuk memasang setiap petal sehingga menciptakan ketahanan yang sempurna.
3. ISSHU X I-KO
(Tampilan Silver Double Pillow Bag. Foto: Dok. i_got_isshu/Instagram)
Siapa yang tak tahu ISSHU? Brand besutan M. Indiana Argani ini dikenal dengan desainnya yang eksentrik dan memukau. Di tahun lalu, mereka menambahkan sejarah baru untuk industri fashion Tanah Air dengan menghadirkan koleksi tas bersama I-KO. Kolaborasi antara dua merek lokal Indonesia ini berhasil menembus pasar internasional dengan meluncurkan koleksi mereka di Singapura. Peluncuran ini berlangsung dalam ajang Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia yang digelar di Ngee Ann City/Takashimaya Shopping Center, Orchard.
Koleksi ini menghadirkan dua macam tas. Pertama, ada Silver Double Pillow Bag yang menggabungkan dua estetika dalam satu tas menyerupai bantal yang ditambahkan gantungan hati bermanik. Kedua, Bean X Bean Bag yang merancang kembali koleksi ISSHU sebelumnya sehingga memberikan tampilan baru dan lebih mengelevasi. Kedua produk dirancang khusus untuk generasi milenial dan Gen Z dengan mengusung desain praktis dan stylish yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.
4. Aerostreet X Boncabe
(Aerostreet identik dengan koleksi unik. Foto: Dok. aerostreet/Instagram)
Aerostreet merupakan merek sepatu lokal yang selalu berhasil mencuri perhatian para penggemar fashion. Sebab, merek yang berbasis di Klaten, Jawa Tengah ini seringkali menghadirkan koleksi yang unik, terutama ketika berkolaborasi dengan berbagai merek makanan dan camilan lokal. Salah satu kolaborasi ikonisnya adalah Aerostreet X Boncabe. Keduanya merilis desain sepatu yang memadukan unsur produk bubu cabe tabur ke dalam visual sepatu. Terdapat warna merah dan hitam yang mendominasi, mengikuti desain salah satu varian Boncabe, Level 50 Max End.
5. One Fine Sky X BIYAN
(Omar Daniel dan Laura Basuki menjadi dreamers di koleksi ini. Foto: Dok. onefinesky/Instagram)
Meski sesama produksi lokal, keduanya memiliki filosofi dan tujuan yang berbeda. One Fine Sky identik dengan menghadirkan koleksi spesial untuk merealisasikan mimpi anak-anak Indonesia. Dalam rangka merayakan anniversary ke delapan tahun, One Fine Sky menggandeng BIYAN untuk meluncurkan koleksi bertajuk SKY DREAMER. Terdapat perpaduan motif flora khas BIYAN yang membaur dengan simbol khas ONE FINE SKY, awan yang tersenyum. Memancarkan harapan, kelembutan, dan kedamaian. Adapun tambahan aksen bunga bermekaran khas BIYAN untuk menggambarkan pertumbuhan yang tangguh.
6. NOD X Hian Tjen
(Hian Tjen bersama NOD machine capsule yang didesain dirinya. Foto: Dok. why.nod/Instagram)
NOD sebagai mesin kopi pintar asal Indonesia meluncurkan produk terbarunya lewat kolaborasi The Extraordinary Trio. Kolaborasi salah satunya melibatkan Hian Tjen, desainer couture ternama untuk menghadirkan sleeve kulit premium edisi terbatas yang dihiasi motif monogram H dan N.
Kolaborasi antar brand lokal lintas bidang bukan hanya tren sementara, melainkan sinyal kuat bahwa industri kreatif Indonesia sedang berevolusi ke arah yang lebih berani dan penuh warna. Tak sebatas menghadirkan karya-karya yang inovatif, tapi juga penuh cerita dan cinta.
(Penulis: Zahrah Pricila)