Hair & beauty

Intip 6 Cara Mengikat Rambut yang Cantik dan Mudah!

By : Her World Indonesia - 2024-05-02 16:00:01




Rambut panjang yang terurai memang terlihat lebih sederhana dan praktis untuk dilakukan saat disela jadwal yang hektik. Namun, menggunakan gaya rambut seperti ini setiap harinya tentunya akan membuatmu bosan, bukan? Apalagi jika outfit yang dikenakan memiliki ciri khas style yang unik, rambut yang hanya terurai justru bisa membuat keseluruhan tampilanmu kurang menarik dan tidak standout.


Kini, gaya rambut yang diikat justru menjadi tren yang kian populer untuk mempercantik tampilan yang cocok untuk berbagai acara, baik itu rapat kantor, pernikahan, atau sekadar berjalan-jalan biasa. Terlebih dengan melejitnya budaya Korea yang tidak hanya terkenal akan produk-produk skincare dan makeup-nya, tapi juga tren gaya rambut yang berbeda. Gaya rambut yang diikat ini juga sering kamu jumpai di kalangan idola K-POP. Sebut saja Wonyoung IVE, Jennie Blackpink, atau Karina Aespa yang riasan rambutnya selalu unik dan juga bisa memancarkan aura memukau sang idol.


Meski menarik, untuk meniru gaya rambut ala idola K-POP memang rumit dan tidak praktis untuk kamu yang sehari-hari padat dengan jadwal kerja. Karena itu, Her World akan spill deretan inspirasi dan tips mengikat rambut yang trendy dan mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu waktu tiga sampai lima menit untuk melakukannya!


(Baca juga: Rambut Rontok Terus? Ini 3 Rekomendasi Vitamin yang Efektif)


1. Terurai + Hair Scarf

(Gaya rambut yang paling mudah dilakukan, tapi memberikan kesan kontras pada rambut polos. Foto: Dok. townshell.id/Instagram)


Rambut yang hanya terurai memang membuat aktivitas sehari-hari nyaman. Namun, kalau kamu sudah merasa bosan dan tampilan yang kurang mememosa, kamu bisa menambahkan sebuah pemanis di rambut. Kamu bisa tetap membiarkan rambut terurai dan menambahkan hair scarf. Cara melakukannya pun mudah, kamu perlu membelah rambut sekitar area telinga menjadi dua di bagian kanan dan juga kiri. Kemudian, ikat hair scarf yang berpola atau berwarna kontras itu di bawah rambut. Gaya ini akan membuat tampilan lebih fresh dan menarik!


2. Half up + Sparkling Headband


(Gaya yang satu ini cocok untuk kamu dengan rambut yang flat. Foto: Dok. koreal.hk/Instagram)


Ladies with flat hair, merapat! Memiliki rambut yang tidak bervolume memang lebih cepat lepek dan sulit untuk di-styling. Tak jarang topi pun lebih sering digunakan untuk menutupinya. But don't worry! Inspirasi gaya rambut yang satu ini praktis dan juga bisa memberikan pesona pada rambutmu. Kamu hanya perlu mengambil sebagian tengah rambut atas dan dikuncir dengan ikatan rambut yang disukai. Lalu, tambahkan headband berpola nyentrik untuk menutupi kesan rambut yang flat.


3. Double half-up + Bow


(Bow look ikonik ala Jisoo Blackpink. Foto: Dok. purplewaveofficial/Instagram)


Mau tampil catchy dan elegan seperti Jisoo Blackpink? Kamu bisa menggunakan gaya rambut yang satu ini! Kamu bisa melakukan step yang sama dengan gaya rambut half up: mengambil sebagian rambut atas, lalu membelahnya di tengah menjadi rambut bagian kanan dan kiri yang kedua diikat dengan rubber band. Tips membuatnya menarik ala Her World: tambahkan bow di kedua sisi rambut half-up!


4. Loose Braid + Clip Ornament


(Tampilan lebih feminin dengan gaya loose braid. Foto: Dok. wrldofkorea/Instagram)


Braided hair atau rambut dikepang memang menjadi gaya rambut yang sering dipilih karena versatile dan timeless, namun tetap bisa memberikan kesan berbeda pada bentuk wajah. Kamu hanya perlu melakukan teknik kepang tiga biasa dari atas kepala hingga ke bawah. Untuk memberikan kesan yang lebih menarik, kamu bisa membuat kepangannya sedikit lebih longgar dan menambahkan beberapa clip ornamen-ornamen berbentuk atau berpola kecil untuk kesan yang lebih feminin.


(Baca juga: 6 Inspirasi Model Poni Samping Ala Tahun 2000an!)


5. Twist Braid + Double Bow


(Jennie tampil anggun dan elegan di ajang Cannes Film Festival 2023. Foto: Dok. official_jenniekim/Instagram)


Berbeda dengan gaya rambut kepang yang menggunakan tiga belahan rambut, kamu hanya perlu membaginya menjadi dua belahan dan disilangkan antara keduanya dengan gerakan memutar sampai ujung rambut. Berikan sentuhan elegan dengan menambahkan dua hair bow di bagian atas dan ujung ikatan kepang.


6. Middle Ponytail + Loose bow

(Salah satu gaya rambut sederhana nan cantik yang kian populer. Foto: Dok. townshell.id/Instagram)


Gaya rambut satu ini menjadi kedua yang paling mudah dilakukan setelah hair scarf. Kamu hanya perlu menguncir rambut menjadi satu seperti biasa dan sedikit longgarkan kuncirannya. Kemudian, belah tengah dekat rambut yang dikuncir. Lalu, masukkan rambut yang diikat ke dalam belahan dari bawah. Untuk memberikan kesan yang messy, namun tetap terlihat cantik, tambahkan loose bow di tengah ikatan rambut.

Tampilan yang terlihat menarik dan unik tidak melulu tentang riasan wajah atau gaya fesyen yang kompleks. Hanya memberikan sentuhan berbeda pada rambutmu yang dipadukan dengan outfit sederhana yang klasik pun bisa memberikan statement tampilan berbeda. Dari deretan cara mengikat rambut yang cantik dan mudah di atas, kamu ingin mencoba yang mana nih?


(Penulis: Zahrah Pricila)