Life & health

Sejauh Mata Memandang x Mulih Hadirkan Reparasi Pakaian

By : Her World Indonesia - 2024-04-24 12:00:01




Saat ini ruang fesyen lokal semakin penuh kreasi dan inovasi dengan hadirnya banyak merek lokal yang semakin peduli akan limbah fesyen dan berusaha untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan. Salah satunya adalah Sejauh Mata Memandang, yang terus menghadirkan inovasi koleksi yang ramah lingkungan.


Merek lokal seperti Sejauh Mata Memandang memahami betapa pentingnya tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam industri fashion. Mereka sadar bahwa industri ini sering kali meninggalkan jejak karbon yang besar, dan mereka bertekad untuk menjadi bagian dari solusi, bukan masalahnya.


(Baca juga: Nyaman Dipakai, 5 Rekomendasi Sepatu Boots Wanita)


Sejauh Mata Memandang juga kini kembali menunjukkan komitmennya dalam semarak semangat Fashion Revolution Week 2024. Fashion Revolution Week sendiri merupakan kampanye tahunan yang menyatukan gerakan aktivisme fesyen terbesar di dunia selama tujuh hari sebagai peringatan tragedi runtuhnya pabrik Rana Plaza pada tanggal 24 April 2013. Kampanye pada tahun 2024 akan berlangsung dari tanggal 15-24 April 2024, menandai 10 tahun Fashion Revolution dengan sepuluh hari aksi dan acara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.



(Acara Kembali Baik oleh Sejauh Mata Memandang dan Mulih 2024. Foto: Dok. Magnifique Documentation)


Sejauh Mata Memandang berkolaborasi dengan Mulih Studio meluncurkan “Kembali Baik” sebuah program perbaikan pakaian dari koleksi-koleksi Sejauh Mata Memandang sehingga bisa memperpanjang masa pakai koleksi tersebut.


Diselenggarakan di Dia.Lo.Gue Artspace Kemang, acara ini merupakan wujud komitmen Sejauh untuk menghadirkan ruang berinteraksi, bertukar ilmu, dan bersama-sama mengedukasi konsumen untuk menjalani praktik konsumsi yang lebih bertanggung jawab.


“Kami melihat bahwa kolaborasi dapat menjadi kunci untuk menyampaikan pesan-pesan yang kami rasa penting. Saat ini, seringkali kita belum menyadari bahwa reparasi pakaian dapat menjadi opsi yang sangat baik ketika ingin ‘menghidupkan’ kembali pakaian yang sudah lama kita miliki,” ujar Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif dari Sejauh Mata Memandang.



(Rania Yamin hadir dalam acara Kembali Baik oleh Sejauh Mata Memandang dan Mulih 2024. Foto: Dok. Magnifique Documentation)



(Acara Kembali Baik oleh Sejauh Mata Memandang dan Mulih 2024. Foto: Dok. Magnifique Documentation)


Bev Tan, Co-Founder dari Mulih mengatakan, “Dengan mengasah keterampilan dasar menjahit dan memperbaiki pakaian lama kita, kita juga turut berkontribusi untuk bumi dan lingkungan. Sehingga, penting sekali untuk memperkenalkan cara-cara memperbaiki pakaian yang simpel dan dapat diterapkan secara langsung oleh konsumen. Dan jika kerusakan terlalu

sulit untuk diperbaiki secara pribadi, itulah dimana Mulih hadir untuk membantu. Pada akhirnya, harapan kami kedepannya adalah untuk bisa menormalisasi reparasi dan alterasi pakaian, agar menjadi pilihan utama sebelum kita memutuskan untuk membeli pakaian baru atau membuang pakaian kita yang nantinya akan menjadi limbah tekstil,” jelasnya.


(Baca juga: 5 Tips Fashion Untuk Kamu yang Curvy, Tampil Memukau!)


Selama acara, Sejauh dan Mulih juga turut didukung oleh produsen mesin jahit Brother Indonesia dalam menghadirkan pengalaman pembaruan dan personalisasi pakaian bagi kamu dan pengunjung lainnya. Lebih lagi, diadakan juga rangkaian kegiatan menarik dan edukatif. Mulai dari, Bincang Santai, Belajar Bersama dengan Mulih, serta Kreasi Bordir Sejauh yakni layanan pembaruan pakaian.



(Acara Kembali Baik oleh Sejauh Mata Memandang dan Mulih 2024. Foto: Dok. Magnifique Documentation)


Ayo pulihkan koleksi Sejauh Mata Memandang milikmu agar terus bisa kamu pakai! Lebih lagi, tidak hanya koleksi-koleksi tertentu, karena bersama semangat ini kamu juga bisa menyadari pentingnya menjaga dan merawat pakaian untuk dampak yang lebih positif dan tentunya menguntungkan bagimu sendiri.


(Penulis: Adila Firani)