Fashion

Berbagai Jenis Topi

By : Maureen Lim - 2014-03-24 11:25:50




Fedora & Bowler

Fedora memiliki ciri khas lengkungan di bagian atas (crown)dan pinggiran topi yang pendek.Sedangkanbowlerpertama kali dipopulerkan oleh Charlie Chaplin dengan ciri khas bulat menonjol pada bagiancrown.

Baret & Bibi

Topi ini lembut tapi ber-volume. Dulunya topi ini merupakan ciri khas orang Prancis. Baret biasanya polos atau memiliki 'bandul' pada bagiancrown,sedangkanbibimemilikiukuran lebih kecil dan keras dengan embellishment yang sangat terlihat.

Platter & Sun Hat

Platterberbentuklebardenganbagiancrownsedikitmenonjol. Topi ini terlihat sangat elegan dan biasanya dipakai untuk acara bangsawan.Sun hatmemilikibagiancrownlebih tinggi dan biasanya terbuat dari rafia untuk kesan lebih kasual.

Baseball & Trucker Cap

Bentuknya memang hampir mirip tapi perbedaannya adalahbaseballcapterlihat lebih polos dengan bagian belakang yangmemilikiadjustment. Sedangkantruckercapmemiliki bagianmeshdan bagiancrownyang lebih naik.

Beanie & Snood

Biasanya terbuat daribahanknit.Sedangkanbeaniesangat fleksibel dan ketat, sedangkansnoodterlihat lebih longgar dan jatuh.

Sculptural & Fascinator

Sculpturalbiasanya berbentuk unik, kaku dan menyerupai sebuah karya seni. Sedangkanfascinatorbiasanya terlihat lebih 'halus' dan terlihat lebih cantik.

Turban & Boule

Turbanumumnyaberbentuk seperti bungkusan dan ada efek ikatan kepala sehingga terlihat lebih etnik. Sedangkanbouleadalah campuran daribeaniedancloche.

Newsboy & Cadet

Newsboymemiliki dua versi bentuk yaitu berpanel ataupun seperti baret pada bagian atas. Ciri khas darinewsboyadalah bagian keras pada bagian depan topi. Sedangkancadetmenyerupai topi militer dengan bagiancrownyang datar.

(OLEH: BIMO PERMADI / FOTO: DOK. HERWORLD)