Life & health

Kreasi 'Pasar Nusantara' untuk Rayakan Hari Kemerdekaan

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-08-16 12:48:00 Kreasi 'Pasar Nusantara' untuk Rayakan Hari Kemerdekaan


Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Pondok Indah Mall Jakarta kembali mengusung gelaran 'Pasar Nusantara'. Kali ini, gelaran yang merayakan keberagaman budaya Indonesia itu hadir lewat tiga program menarik, di antaranya Galeri Nusantara, Festival Kuliner Joglosemar (yang berasal dari Jogja, Solo dan Semarang), dan peragaan busana bertajuk 'Fashiontastic', koleksi desainer muda Indonesia. 

"Melalui 'Pasar Nusantara', PIM mengajak masyarakat untuk merayakan perbedaan dan keberagaman ini dengan terus menjunjung tinggi Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan sekaligus memperkenalkan karya anak bangsa dari seluruh Nusantara," ujar Eka Dewanto, General Manager Pondok Indah Mall, Jakarta.

Berlangsung dari 7 hingga 18 Agustus 2019, berikut deretan acara 'Pasar Nusantara' yang bisa diikuti: 

(Baca Juga: 5 Padupadan Busana Merah Putih untuk Rayakan 17 Agustus)


1. 'Galeri Nusantara'

Hasil karya kreasi anak bangsa yang otentik akan menghiasi 'Galeri Nusantara'. Di antaranya adalah batik, kain Nusantara, kerajinan dan kriya Nusantara, hijab Nusantara dan produk lokal yang beragam. Menggaet Khalif by Ivan Gunawan, Ary Arka/ Ayu Andari, Scarvina, Batik Riana Kesuma, Rumah Kebaya/ Batik Nona Jakarta, Tita Kushartanto/ Maniku Borneo, Iwapi, Dhia Home, Rumah Kampung, dan By Arra, koleksi busana ini bisa dilihat dari PIM 1 & 2 lantai dasar, Atrium Street Gallery, dan North Skywalk lantai 1.


2. Festival Kuliner 'JOGLOSEMAR' (Jogja-Solo-Semarang)

Mengajak bernostalgia di era-70an, festival kuliner satu ini menghadirkan 25 macam kuliner khas nusantara dari akronim mereka Jogja, Solo dan Semarang bagi kamu yang ingin kulineran. Cita rasa Gudeg Bu Djuminten, Nasi Liwet Keprabon, Soto Bangkong Semarang, Lontong Tahu Blora Mas Aris Semarang, Soto Seger Boyolali, Kupat Tahu Magelang, Sego Ayam Waroeng Semlo, Timlo Solo, Sate Klathak Imogiri, Lenjongan & Brambang Asem Pasar Gede, Mie Kopyok Pak Gundul Semarang, serta aneka minuman, siap memanjakan lidah.

Dibuka dari jam 10:00-22:00 WIB, kamu bisa mengulik rasa dari makanan yang ditawarkan di Skywalk Utara Lantai 2.


3. 'Fashiontastic'


(Gelaran fashion show di 'Fashiontastic'.Foto:Dok.Arie Fachriza/PIM)


Menggaet para desainer muda seperti, Andy Yanata & Jovi Adhiguna, Rani Hatta, & Nonita Respati, koleksi busana rancangan mereka akan diperagakan dalam gelaran 'Fashiontastic' yang mengangkat tema milenial. Selain itu, ada pula karya busana dari rancangan sekolah fesyen ternama dalam negeri. Di antaranya adalah LOOK Indonesia, Sparks Fashion Academy, & Arva School of Fashion dan beberapa tenant aksesoris seperti, METRO, SOGO, Alleira, Andrew, Batik Keris, Calvin Klein Jeans, Champaka, Coldwear, Cotton On, Et Cetera, Everbest, Frank & Co dan yang lainnya.

(Baca Juga: 10 Produk Modis Merah & Putih untuk Hari Kemerdekaan)

Selain deretan acara tersebut, pertunjukkan seni Tari Saman dari sekolah Bakti Mulya 400 juga jadi salah satu kegiatan yang meriah dalam acara ini nantinya. Sementara untuk malam puncak acaranya, akan digelar pada 17 Agustus 2019. Bagaimana, tertarik untuk merayakan keberagaman Indonesia di 'Pasar Nusantara'? 

Life & health