Life & health

Yang Boleh Dilakukan dan Dihindari Saat di Pameran Seni

By : Rahman Indra - 2019-03-05 16:29:00 Yang Boleh Dilakukan dan Dihindari Saat di Pameran Seni


Mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di pameran seni menjadi penting demi menjaga kenyamanan diri dan juga pengunjung lain dalam menikmati karya seni.

Meski kadang ada yang mencantumkannya, ada juga yang tidak. Aturan ‘tak tertulis’ tersebut sebaiknya diikuti, agar tidak menganggu kenyamanan orang lain atau bikin malu diri sendiri. Apalagi mengingat banyaknya gelaran pameran seni, baik di museum ataupun galeri, saat ini. 

Di antara gelaran itu, ada pameran Pantene Perfect On Art Experience yang bakal digelar di Level 3 North Wing, Pacific Place Mall, Jakarta, dari 6 - 17 Maret 2019. Pameran ini menghadirkan karya terbaik dari 11 seniman tanah air yang sayang untuk dilewatkan. 

Sebelum itu, simak apa yang baiknya dilakukan dan tidak saat datang ke pameran seni, berikut ini: 

(Baca juga: 10 Etika ke Pameran Seni)


1. Do: Kenakan pakaian nyaman dan kasual. Kaos kasual atau celana panjang longgar bisa jadi pilihan saat ke pameran seni.

Don't: Jangan pakai jas dengan kemeja resmi, atau gaun panjang penuh perhiasan. Ini demi kemudahan, apalagi jika nanti bertemu karya seni interaktif.


2. Do: Jaga ketenangan. Saat melihat-lihat pameran seni bersama teman usahakan tidak berisik. Meski ada karya seni yang membuat takjub sekalipun. Kalau perlu bicaralah dalam volume kecil.

Don't: Berisik dan menganggu kenyamanan orang lain. Apalagi kalau tertawa keras-keras. Jangan sampai ditegur sama petugas jaga. 


3. Do: Lihat dari jarak tertentu. Usahakan berjarak dengan karya seni, atau ikuti garis pembatas yang disediakan. 

Don't: Jangan terlalu dekat. Melihat terlalu dekat bisa berisiko menyenggol, menggores, mengubah tata letak, atau merusak karya seni. 



(Melihat pameran. Foto: Dok/rawpixel/pexels.com)


4. Do: Baca caption. Untuk memahami karya tertentu, bisa dengan melihatnya dengan seksama dan baca caption atau keterangan yang sudah disediakan. 

Don't: Jangan sentuh. Karya seni memang menggoda buat disentuh tapi ada baiknya jangan, karena jari tangan mengandung minyak atau kotoran yang berpotensi bisa merusak karya seni.


5. Do: Berfoto dengan respect. Pastikan boleh tidaknya berfoto bersama karya. Jika diijinkan, berfotolah tanpa menghalangi pandangan atau menganggu pengunjung lain. 

Don't: Hindari berfoto dengan pemakaian blitz atau flash karena berpotensi merusak karya. 


6. Do: Meet the artist. Jika ada sesi bertemu seniman dari karya yang dipamerkan, maka hadiri. Karena, ini kesempatan bisa berdiskusi dengan seniman langsung secara terbuka dan berdialektika. Seru!

Don't: Tidak makan dan minum. Ruang pameran mestinya bebas dari makanan dan minuman. Jika ingin makan, lakukanlah di luar ruang pameran, agar tidak merusak karya dan menganggu kenyamanan. 


7. Do: Supaya memahami pameran dan karya yang disuguhkan, tak ada salahnya membeli atau membaca katalog. Jika masih ragu, jangan enggan bertanya pada penjaga pameran.  

Don't: Jangan sampai lalai. Jika harus bawa anak ke pameran seni, pastikan untuk bisa mengawasinya dengan baik, jangan lalai. Entah itu dengan menggendong atau menggandeng tangannya. karena nanti bisa berisiko merusak karya tanpa sengaja.

Life & health