Food & travel

5 Taman Kota Pilihan buat Akhir Pekan

By : Rahman Indra - 2018-08-11 19:21:00 5 Taman Kota Pilihan buat Akhir Pekan


Seiring dengan peringatan hari Konservasi Alam Nasional setiap 10 Agustus,  pilihan untuk berakhir pekan di taman kota tidak ada salahnya. Apalagi kini, taman kota telah banyak berbenah dan sekaligus mampu memberi pengalaman bersantai dan rileks tersendiri. Alasannya, karena udara segar dan terbuka serta pemandangan hijau yang ada di dalamnya.

Tak hanya di Jakarta, sejumlah taman kota di daerah pun juga kerap disebut dan populer, seperti yang ada di Batu Malang atau Surabaya. 

Seperti apa dan bagaimana taman kota ini? Berikut lima di antaranya yang dapat jadi pilihan rekomendasi buat akhir pekan: 


(Baca juga: 7 Tempat Wisata Paling Hits di Jakarta Saat Ini)


1. Taman Suropati, Jakarta 

Taman yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat kerap kali menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Fasilitas kursi duduk, kolam yang bersih, dan suasana yang sejuk adalah pilihan yang tepat untuk bersantai.



2. Taman Situ Lembang, Jakarta 

Terletak di Jalan Bonjol Jakarta Pusat, taman ini dipenuhi pepohonan yang rindang sehingga para pengunjung dapat merasakan hawa sejuk yang nikmat. Taman ini juga dilengkapi air mancur dan taman bermain untuk anak-anak.



3. Taman Waduk Pluit, Jakarta

Berbeda dengan taman kota lainnya, taman Waduk Pluit ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung. Oleh karenanya, biasanya banyak yang melakukan olahraga pagi atau lari di taman ini.

 


(Baca juga: Tempat Wisata yang Hits dan Istimewa di Yogyakarta)


4. Taman Batu, Malang 

Biasa dikenal sebagai alun-alun kota, taman kota ini terkenal sebagai salah satu obyek wisata yang patut dikunjungi saat berlibur di Batu. Tergolong taman kota yang unik karena fasilitasnya seperti bangunan toilet dalam bentuk buah, berbagai ragam bunga yang tersusun rapi, dan tempat bermain untuk anak-anak.



5. Taman Bungkul, Surabaya

Dipenuhi pepohonan tinggi yang rindang, berbagai macam rumpun bunga, dan fasilitas berekreasi, Taman Kota Bungkul termasuk salah satu taman kota favorit bagi publik. Beberapa waktu lalu, taman ini menyabet gelar The 2013 Asian Townscape Sector Award dari PBB.



(Teks: Elizabeth Michelle)

Food & travel