Life & health

6 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

By : Nungki Dwiandara - 2018-08-01 08:45:00 6 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba


Panas terik di siang hari, lalu tiba-tiba hujan di malam hari. Pergantian cuaca yang tiba-tiba dan tidak menentu seperti saat ini menjadi tanda bahwa kita sedang memasuki musim pancaroba. Apa itu musim pancaroba? Musim pancaroba adalah masa peralihan dari musim kemarau menuju musim hutan atau sebaliknya. 

Pada musim seperti ini, tubuh dipaksa untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Tak hanya itu, di musim seperti ini juga menjadi waktu yang disukai virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat.

Maka tak heran, bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan mudah terkena berbagai macam penyakit, terutama untuk bayi dan balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna.

Untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit yang datang menyerang saat musim pancaroba, saatnya lindungi kesehatan tubuh dengan beberapa hal berikut ini:

(Baca juga: Tips Sehat Sebelum dan Sesudah Olahraga Lari)

1. Penuhi Nutrisi Tubuh

Jika nutrisi tubuh terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk. Sudah lama tidak menerapkan menu gizi seimbang? Saatnya terapkan kembali!

2. Rutin Berolahraga

Meski cuaca sering berubah-ubah bukan berarti kamu meninggalkan kebiasaan berolahraga ya. Ajak sahabat, keluarga atau buah hati untuk rutin berolahraga, meskipun hanya 30 menit. Yang penting, kamu dan orang-orang tercinta cukup bergerak setiap harinya sehingga tubuh tidak mudah letih. 

Namun, mengajak buah hati berolahraga bukan berarti memaksanya dengan olahraga-olahraga berat dan melelahkan ya. Kamu bisa mengajaknya berjalan di pagi ataupun sore hari selama 20-45 menit saja sudah cukup.

3. Konsumsi Vitamin/Suplemen Daya Tahan Tubuh

Olahraga memang dapat membantu menyehatkan tubuh, tapi kamu tetap membutuhkan vitamin/suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, pilih suplemen yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

 Nah, bagi kamu yang memiliki buah hati, suplemen juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan lho. Sebelum memberikan suplemen pada anak, pastikan dulu kamu sudah melakukan konsultasi dengan dokter.

(Baca juga: Tips Sehat untuk Lebih Bugar Sepanjang Hari)

4. Cukupi Air Putih

Jangan pernah melupakan pentingnya mengonsumi air putih yang cukup, terutama saat cuaca tidak menentu seperti saat ini ya. Karena selain mengatasi rasa dahaga dalam tubuh, ternyata salah satu manfaat lainnya adalah mampu meniungkatkan metabolisme tubuh, serta membantu mencegah tubuh terkena infeksi. Jadi, ajak keluarga dan orang-orang tercintamu untuk mengonsumsi air putih hingga 2,5-3 liter/harinya. 

5. Bawa Selalu Baju Hangat 

Meski di siang hari terkadang cuaca terasa terik dan hangat, namun tiba-tiba bisa saja terjadi hujan yang lebat. Belum lagi suhu malam hari yang akhir-akhir ini terasa lebih dingin dan berangin. Maka ingatkan selalu keluarga, anak, dan orang tercintamu lainnya untuk selalu membawa baju hangat seperti jaket ataupun mantel.

6. Biasakan Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan hal yang simpel namun paling sering diabaikan. Padahal kamu sadar tidak, kalau tangan menjadi salah satu media penyebaran bakteri dan virus penyakit menular? Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini virus dan bakteri tersebar di mana-mana. Untuk itu biasakan diri Anda mencuci tangan entah itu sebelum dan setelah makan, sehabis melakukan aktifitas, hingga sehabis dari toilet. 

Jangan lupa untuk ingatkan juga orang-orang terdekat kamu mengenai kebiasaan mencuci tangan, terutama untuk anak-anak. Ajak buah hati untuk belajar melindungi diri dari penyakit dengan rajin mencuci tangan sebelum maupun sesudah ia melakukan aktivitas.

Untuk selalu menjaga kesehatan selama musim pancaroba, Cosmopolitan bersama Combiphar mengajak kamu untuk bergabung dalam “Tanya Dokter” bersama dr. Carlinda Nekawaty. Kamu bisa tanya apa saja seputar kesehatan mulai dari tips kesehatan, vitamin atau suplemen yang baik hingga cara menangani penyakit selama musim pancaroba. 

Tak hanya itu, ada hadiah voucher belanja MAP senilai masing-masing Rp500.000 untuk 3 pertanyaan terbaik. So, tunggu apalagi kunjungi sekarang juga di http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle atau klik di sini! (Teks: Nungki DA/Image.dok by Freepik.com)


Life & health