Life & health

8 Cara Mudah Meningkatkan Karier Di Tempat Kerja

By : Yolanda Deayu - 2018-06-17 15:56:00 8 Cara Mudah Meningkatkan Karier Di Tempat Kerja

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karier di tempat kerja. Tidak hanya hal besar seperti meraih gelar pendidikan S2 saja. Meski terkesan sepele, hal-hal kecil berikut ini bisa memberikan dampak besar bagi pertumbuhan karier Anda di tempat kerja. 

(Baca juga artikel: Agar Sukses di Usia Muda, Ini Caranya!)

1. Mengundang atasan untuk ngopi.

Tentunya atasan memiliki segudang pengalaman sukses yang bisa kamu pelajari. Jika tengah mengejar promosi atau sekadar butuh arahan demi meningkatkan tahapan karier selanjutnya, coba ajak atasan untuk sesi ngopi yang santai.

Jika sudah mendapat persetujuan, pastikan kamu memaksimalkan quality time tersebut.

2. Dokumentasikan keberhasilan Anda.

Meski kamu tak sedang mencari pekerjaan baru, mencatat semua keberhasilan akan memberikan arahan jelas tentang kualitas kerja kamu.

Hal ini tentu sangat penting (dan bisa dibuktikan) saat kamu tengah menunggu momen promosi, kenaikan gaji, atau tanggung-jawab baru di kantor.

3. Mengenal rekan kerja.

Mendekatkan diri dengan tim kerja akan membuka kesempatan baru untuk bekerja dalam berbagai jenis proyek, mempelajari kemampuan baru, atau justru membangkitkan passion baru.

Cukup ajak rekan kerja makan siang di luar kantor atau sekadar berbincang santai usai rapat.

4. Meningkatkan kualitas menulis.

Meski pekerjaan kamu bukan untuk menulis, meningkatkan kemampuan ini bisa membantu dalam tahapan karier berikutnya.

Apa pun jenis pekerjaannya, kemampuan ini akan membuat kamu lebih percaya diri saat harus mengirimkan e-mail sensitif, menciptakan presentasi, dan membuat laporan menarik.

Saat rekan kerja menyadari peningkatan kinerja kamu, mereka akan semakin mempercayai kamu dengan tugas-tugas yang penting.

5. Lebih banyak bicara saat rapat.

Mengutarakan opini memang bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu kurang percaya diri dengan ide tersebut.

Namun dengan berbicara lebih sering dalam rapat, kamu akan menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus menunjukkan pada rekan kerja lainnya bahwa Anda memang peduli pada topik tersebut. Plus, jika ide Anda ternyata menarik, tentu atasan akan mengingatnya.

6. Ciptakan tantangan untuk diri sendiri.

Salah satu alasan paling umum yang membuat kita mencari pekerjaan baru adalah rasa bosan. Jika hal ini terjadi pada kamu, ada baiknya untuk menciptakan tantangan kecil untuk diri sendiri.

Mulai dengan mengganti rutinitas mingguan dan lihat dampaknya pada produktivitas kamu. Atau bisa juga luangkan waktu untuk membuat daftar masalah dan memikirkan solusinya. Dengan begitu, otak akan terstimulasi untuk terus bertumbuh secara personal.

7. Belajar mengapresiasi orang lain.

Belajar berinteraksi dengan orang lain adalah kunci bagi pertumbuhan karier kamu. Salah satu hal tersulit saat bekerja dengan orang lain adalah mengetahui cara mengapresiasi mereka dengan sungguh-sungguh.

Caranya mudah saja. Misalnya, kamu bisa mengunkapkan secara spesifik betapa atasan telah membantu di kantor dan apa saja yang sukses kamu pelajari, atau menjelaskan pada rekan kerja dampak positif yang dirasakan setelah mendapatkan saran dari mereka.

Mungkin kamu tak akan terbiasa melakukannya di awal, namun hal ini akan memberikan manfaat besar karena kamu juga akan mendapatkan apresiasi yang sama.

8. Menilai diri sendiri.

Salah satu cara tercepat untuk mengenal diri sendiri adalah dengan mengambil tes kepribadian. Kamu akan terkejut dengan hasilnya. Setelah itu, kamu akan lebih termotivasi untuk membuat beberapa perubahan berdasarkan hasil yang dipelajari.

(Teks: Kiki Riama Priskila)

Life & health