Life & health

Wajib Tahu! Ini 13 Tanda Kamu Sudah Alami Lupus

By : Qalbinur Nawawi - 2018-05-08 08:32:49 Wajib Tahu! Ini 13 Tanda Kamu Sudah Alami Lupus

Lupus ialah penyakit autoimun yang lebih banyak menyerang wanita. Dampaknya juga mampu membuat masalah kesehatan dari yang ringan sampai berat, bahkan bisa bikin seseorang meregang nyawa.


Dr. Sumariyono, Sp.PD, KR, MPH, Ketua Pengurus Besar Himpunan Reumatologi Indonesia, menjelaskan dampak dari penyakit lupus yang tak ditangani baik sangat fatal. Efeknya, bisa membuat seseorang mengalami ruam pada kulit, arthritis, ginjal bocor, kelainan jantung, masalah paru-paru sampai kelainan liver.


Kabar buruknya, lupus sulit dideteksi di mana banyak dokter keliru menegakkan diagnosa. Di mana gejala lupus sering menyaru dengan penyakit lain, hingga dokter awalnya suka menggunakan bahwa lupus adalah demam berdarah, penyakit sendi, rematik atau tifus.


"Oleh karenanya, penting seseorang, khususnya para wanita mengdeteksi dini lewat SALURI: Periksa Lupus Sendiri. Agar bisa mengetahui secara jelas keluhannya apakah itu penyakit lupus, " terangnya dalam acara yang bertema Media Briefing: Periksa Lupus Sendiri, di Direktorat Jenderal P2PTM, di Gedung D, lantai 4, Jakarta Timur, Selasa (8/5/2018)


Tetapi, apakah kamu sudah mengetahui gejala-gejalanya, Ladies? 


Bila belum, tak usah cemas. Berikut daftar gejala penyakit lupus sesuai penjelasan dokter Sumariyono.



1. Mengalami demam 38 Celcius dengan sebab yang tidak jelas.


2. Lelah dan lemah berlebihan.


3. Sensitif terhadap sinar matahari.


4. Rambut rontok. 


5. Ruam kemerahan berbentuk kupu-kupu yang melintang dari hidung ke pipi.


6. Ruam kemerahan pada kulit


7. Sariawan tidak kunjung sembuh, terutama pada rongga mulut.


8. Nyeri dan bengkak pada persendian dalam jangka waktu lama, khususnya di lengan dan tungkai.


9. Ujung jari tangan dan kakipucat hingga kebiruan saat udara dingin.


10. Nyeri dada terutama saat berbaring atau saat menarik napas.


11. Kejang dan kelainan saraf lain.


12. Kelainan hasil pemeriksaan lab (atas anjuran dokter) :

- Anemia: penurunan kadar sel darah merah.

-Leukositopenia : penurunan sel darah putih.

- Trombositpenia : penurunan kadar pembukaan darah.

- Hematuria dan proteinuria: darah dan protein pada pemeriksaan urin

- positif ANA dan Anti ds-DNA


Jika kamu mengalami minimal empat gejala dari seluruh gejala yang disebutkan di atas, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter di Puskesmas atau rumah sakit. Fungsinya, agar bisa dilakukan pemeriksaan, penegakan diagnosa dan penanganan lebih lanjut.



Sementara gejala apa yang paling banyak sering dirasakan pasien lupus, dokter Sumariyono mengatakan, "Paling banyak gejala yang biasanya dirasakan pasien lupus itu keluhan nyeri otot sendi dan ruam di muka dalam waktu kamu."


Jadi, pungkasnya, bila kamu wanita muda yang suka mengeluh nyeri sendi dan ruam kulit di muka, sebaiknya langsung cek lupus ke dokter. Karena, semakin kita tahu diawal semakin kita bisa menjaga kualitas hidup tanpa ada komplikasi organ tubuh, 


"Penyakit lupus kalau bisa dikelola dengan baik, rajin minum obat dan menjalani gaya hidup sehat, mereka bisa hidup dan beraktivitas normal seperti orang biasa," jelas dokter Sumariyono.

Life & health