Sex & relationship

Waduh, Miss V Lembap Bikin Nyeri Saat Hubungan Seks

By : Qalbinur Nawawi - 2018-04-20 14:49:42 Waduh, Miss V Lembap Bikin Nyeri Saat Hubungan Seks

BANYAK wanita belum mengetahui bahwa vagina yang lembap bisa mendatangkan berbagai masalah. Mereka berpikir bahwa kondisi itu hal wajar karena kegiatan hariannya membuat dirinya aktif. Padahal, kondisi itu bila dibiarkan bisa membawa masalah d kemudian hari, salah satunya menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seks. 


Nggak percaya?


Ya, dijelaskan dr. Neni Anggraeni, Sp.OG, ahli kebidanan dan kandungan, dari RSB Permata Sarana Husada, bahwa kelembapan pada organ intim wanita bila didiamkan dalam waktu lama, bisa membuat kenikmatan hubungan seks pasutri menurun, khususnya para wanita.


Penyebabnya, itu karena kurang pelumasan saat berhubungan seks. Di mana terjadi karena  sebelumnya Miss V wanita mengalami lembap yang membuat pH Miss V jadi berubah dan vagina jadi kering, plus pelumasan tidak terjadi saat mau berhubungan seks. Dan akhirnya muncul rasa nyeri saat pasang melakukan penetrasi.


“Kadar pH yang normal itu 3.8-4.5 pH. Kalau itu berubah, efeknya bisa membuat vagina kering. Jadi kalau ada wanita yang merasakan rasa nyeri padahal rangsangan yang sudah diberikan pria sudah baik, berarti itu disebabkan karena Miss V yang lembap,” terangya 


Kalau masih nyeri padahal Miss V dalam kondisi sehat, berarti karena pelumasan akibat rangsangan saat awal hubungan seks saja yang kurang. Solusinya, biar lebih menambah durasi foreplay-nya atau bisa pakai pelumas.


“Namun demikian, kalau memang Miss V kering karena infeksi, ya diobatin dulu penyebab utamanya,” terang dokter Neni.


Untuk mencegah Miss V jadi lembap atau tidak sehat, kamu bisa bertanya pada diri sendiri apakah aktivitas harian kamu membuat Miss V jadi lembap. Kalau jawabannya 'iya', disarankan untuk kamu bisa memakai celana dalam berbahan lembut seperti katun, rutin mengganti pembalut saat masa mainstruasi karena darah yang mengumpul membuat area intim jadi basah dan lembap.


"Selain itu, jika aktivitas kamu termasuk aktif dan rentan membuat Miss V lembap, kamu bisa rutin membersihkan area intim kamu setiap hari dengan sabun khusus untuk vagina atau membasuhnya dengan air," pungkas dokter Neni.

Sex & relationship