Life & health

Ini Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes Datang

By : Qalbinur Nawawi - 2018-04-13 12:34:14 Ini Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes Datang

OLAHRAGA bisa dijadikan cara untuk mencegah diabetes datang. Hal itu karena olahraga membakar kalori dalam tubuh hingga tidak penumpukan kalori yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan


Seperti yang kamu ketahui, 'pintu masuk' penyakit diabetes – selain karena ada keturunan – seringnya muncul dari faktor obesitas. Di mana tubuh kamu mengalami kegemukan yang membuat produksi insulin terganggu. Padahal insulin berfungsi memecah glukosa menjadi energi dan mengantrol gula darah agar tetap normal.


Bila kamu tertarik mencobanya, usahakan berolahraga dengan dilakukan setiap hari. Bukan berolahraga hanya di akhir pekan saja.


“Jadi, idealnya aktivitas fisik 150 menit seminggu. Biasanya dibagi tiga atau empat kali dibagi 30 atau 40 menit persesi. Kalau mau lebih lagi, silakan. Tapi harus diperhitungkan kalori yang terbuang pada saat exercise dan makanan yang kita konsumsi.


Jangan mentang-mentang berolahraga, makannya banyak – bahkan melebihi kalori yang terbakar saat berolahraga,” terang dr. Em Yunir, SpPD, KEMD – Sekretaris Jendral Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (13/4/2018)


Sementara olahraga seperti apa, dokter Yunir menyarankan latihan jenis aerobik, seperti jogging, senam, berenang, bersepeda, dan treadmill. Menurutnya, semua olahraga yang bisa membakar kalori dalam tubuh dengan baik hingga kamu tidak mengalami kenaikan berat badan.


“Yang baik itu interval antara olahraga yang pertama dan ketiga tidak boleh lebih dari 48 jam. Pokoknya, olahraganya itu jangan dikumpulin di weekend. Memang benefitnya ada, tapi lebih baik daripada olahraga yang dicicil tiap hari,” tutup dokter Yunir.

Life & health