Life & health

Cara Menurunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh

By : Kiki Riama Priskila - 2018-04-12 15:23:00 Cara Menurunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh

Setiap manusia adalah makhluk yang berbeda. Kita semua merupakan sosok unik... kecuali saat sedang membahas bentuk tubuh.

Bicara seputar cara menurunkan berat badan, kita semua pasti ingin tahu atau bahkan langsung mencoba berbagai tren olahraga terbaru. Sejujurnya, mengatur pola makan menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

Salah satu temuan terbaru dari para ilmuwan adalah ada tiga tipe bentuk tubuh wanita. Dan mengatur pola makan sesuai dengan bentuk tubuh tersebut nyatanya bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Penasaran?

Berikut adalah cara menurunkan berat badan berdasarkan bentuk tubuh kamu:


Bentuk tubuh: Endomorphs


Saya termasuk dalam kategori ini. Begitu juga Kim Kardashian, dan ribuan wanita lainnya. Endomorphs memiliki level lemak tubuh tinggi dan cenderung naik berat badan lebih cepat. Untuk olahraga, bentuk tubuh tipe ini lebih cocok untuk mengangkat beban.

Cara menurunkan berat badan: Endomorphs sebaiknya tetap mengonsumsi lemak dan protein serta menghindari karbo. Camilan rendah kalori seperti buah dan sayuran juga bisa jadi pilihan kamu. Beberapa jenis berries dan kacang-kacangan adalah opsi camilan tepat saat berolahraga.


(Baca juga: 5 Minuman Sehat Pendukung Diet Alami)


Bentuk tubuh: Ectomorphs


Alias bentuk tubuh ala supermodel seperti Kate Moss, tinggi dan kurus. Ectomorphs biasanya mengalami kesulitan untuk membentuk otot karena metabolisme mereka yang sangat cepat.

Cara menurunkan berat badan: Konsumsi makanan seperti nut butter, complex carbs, atau makanan lain yang tinggi akan lemak dan protein demi mendukung pertumbuhan otot. Ectomorphs sangat disarankan mengonsumsi cokelat sebagai camilan karena mereka memang "membutuhkannya".


(Baca juga: 11 Aplikasi Olahraga Untuk Si Pemalas)


Bentuk tubuh: Mesomorphs


Bentuk tubuh ini biasanya terlihat lebih atletis, seperti Jennifer Aniston. Mesomorphs punya metabolisme tinggi dan level lemak rendah, namun membentuk otot bukanlah hal yang sulit bagi mereka. Protein adalah kunci untuk meningkatkan berat badan dan membangun otot.

Cara menurunkan berat badan: Konsumsi tuna, telur rebus, dan berbagai camilan gandum.

Pada akhirnya, apapun tipe bentuk tubuh kamu, sebagian besar ilmuwan setuju bahwa diet sehat adalah kunci untuk menurunkan berat badan sekaligus menerapkan gaya hidup sehat. Jadi, tak perlu khawatir jika kamu "tak diijinkan" untuk mengonsumsi karbo. Kamu tetap bisa menikmatinya, namun pastikan kamu juga mengonsumsi banyak sayuran dan protein... karena kamu lebih dari sekadar bentuk tubuh.

Life & health