Promotions

'ArtotelForHope' 2018 untuk Konservasi Hutan Kalimantan

By : ratu milagita - 2018-12-06 16:24:00 'ArtotelForHope' 2018 untuk Konservasi Hutan Kalimantan


ARTOTEL Project Series (APS) kembali menghadirkan #ARTOTELforHOPE, sebuah program sosial tahunan yang diselenggarakan di setiap properti ARTOTEL Group dalam rangka menyambut Natal dan Tahun baru.

Tahun ini #ARTOTELForHope mengusung tema kepedulian terhadap upaya konservasi hutan di Kalimantan dengan dukungan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN).

Melalui program ini, APS ingin menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat, khususnya para tamu hotel & beach club, mengenai pelestarian hutan Indonesia melalui kegiatan seni dengan mengajak serta dua seniman kontemporer Indonesia, Andang Iskandar (seniman fotografer dari ART Space Humanika Bandung), dan Bayu Widodo (pelukis dari Survive Garage Yogyakarta), mengunjungi Desa Merabu yang terletak di Berau, Kalimantan Timur, untuk melihat lebih dekat perjuangan masyarakat di sekitar hutan dalam mendukung upaya-upaya konservasi di Kalimantan.

(Baca juga: Artotel Thamrin Jakarta Ajak Partisipasi di Earth Hour)

Perjalanan dilakukan pada Oktober lalu selama lima hari, dimana kedua seniman tersebut kemudian merespon alam Desa Merabu menjadi hasil karya yang akan di pertunjukan di ARTSPACE ARTOTEL yang berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.



(Artworks. Foto/Dok:ArtotelGroup)


Selain menunjukkan pameran seni hasil karya dari Andang dan Bayu, melalui #ARTOTELForHope 2018 APS juga mengajak publik dan tamu yang menginap untuk menuliskan harapan mereka mengenai hutan dan konservasi di Indonesia dalam sebuah kertas daur ulang berbentuk daun yang kemudian ditempelkan di Dinding Harapan (Wall of Hope) bergambar pohon agar kembali menjadi “rindang”.

Para tamu dapat menuliskan harapan mereka secara serentak mulai 1 – 31 Desember 2018 di Lobby Area setiap ARTOTEL. Selain itu, APS juga melakukan penggalangan dana dari para tamu hotel selama satu bulan, pada 1 – 31 Desember 2018, melalui beberapa cara.

Di antaranya, pertama dengan menyisihkan Rp10.000,- dari setiap transaksi kamar untuk tamu FIT/Individual, kedua penjualan 1 paket Postcard dengan karya seni dari Bayu dan Andang tentang keindahan hutan di Kalimantan seharga Rp10.000, serta ketiga, penjualan hasil karya para seniman yang dipajang di ARTSPACE, baik berupa foto maupun lukisan. Keuntungan dari hasil penjualan karya seni dan postcard seluruhnya akan disumbangkan untuk mendukung upaya konservasi hutan Kalimantan.

(Baca juga: Nikmati Filosofi Kopi di Artotel Jakarta)

Erastus Radjimin, CEO ARTOTEL Group menjelaskan tahun ini merupakan tahun ketiga #ARTOTELForHope hadir sebagai aksi sosial ARTOTEL Group untuk masyarakat.

"Setiap tahun kami selalu mengajak masyarakat untuk peduli dengan hal-hal sosial melalui kegiatan seni, seperti kepedulian pada anak berkebutuhan khusus disleksia dan orang-orang yang kurang beruntung karena memiliki masalah kesehatan mental dengan menyalurkan aspirasi mereka melalui media kanvas atau lukisan yang dipajang di ARTSPACE ARTOTEL," ujarnya.


(Pameran. Foto/Dok:ArtotelGroup)


"Kali ini kami mengajak para tamu untuk peduli dengan upaya konservasi hutan di bumi pertiwi kita dan mencegah perubahan iklim lebih jauh. Hutan di Kalimantan sangat terkenal sebagai ‘’paru-paru’’ dunia, oleh karena itu, ARTOTEL dengan dukungan YKAN ingin membantu melestarikan hutan Kalimantan," tambah dia. 

Promotions