Life & health

Women of the Year 2018: Aldila Sutjiadi

By : Rahman Indra - 2018-11-17 10:29:00 Women of the Year 2018: Aldila Sutjiadi


Aldila Sutjiadi, 23, Atlet Tenis

Medali prestasi di bidang olahraga tenis sudah banyak dikalungkan perempuan kelahiran Jakarta ini. Namun kesuksesannya meraih medali emas di cabang tenis ganda campuran pada perhelatan Asian Games 2018 Jakarta – Palembang lalu sukses meningkatkan kepercayaan diri Aldila.

Nyatanya, seluruh anggota keluarganya memang gemar bermain tenis. Pada usia sembilan tahun, Aldila mulai kompetisi kecil dan lanjut ke pertandingan kelompok umur sambil mengelilingi Pulau Jawa, sebelum melanjutkan ke turnamen junior internasional di Asia dan Eropa.

Potensi besar ini lantas dilirik oleh beberapa universitas luar negeri yang menawarkannya beasiswa lewat jalur student athlete untuk cabang tenis selama empat tahun. Ia pun memutuskan menerima tawaran dari University of Kentucky di Amerika.

(Baca juga: 13 Sosok 'Women of the Year' 2018 Herworld Indonesia)

Keuletannya bermain tenis nyatanya tak menjadi penghalang bagi Aldila untuk lulus dengan predikat summa cumlaude di jurusan Matematika Ekonomi dan Statistik.

“Disiplin dan manajemen waktu menjadi kunci penting. Di kelas, saya fokus belajar, begitu juga saat berlatih di lapangan. Saya ingin membuktikan bahwa dua hal berlawanan bisa berjalan seiringan,” ujar penggemar Roger Federer ini.

Ditanya seputar harapan masa depan, Aldila mantap menjawab dirinya ingin bisa bertanding di Olimpiade 2020. Ia juga berharap adanya regenerasi atlet di cabang tenis. “Semoga dengan perolehan medali emas ini, masyarakat Indonesia semakin antusias dengan tenis,” jelasnya sambil tersenyum.

(Teks; Kiki Riama Priskila, Foto: Insan Obi)


Life & health