Life & health

Alasan Kenapa Wanita Mesti Pahami Kanker Payudara

By : Nungki Dwiandara - 2018-10-02 12:41:00 Alasan Kenapa Wanita Mesti Pahami Kanker Payudara


Tahukah Anda bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian terbesar kedua pada wanita, setelah kanker serviks. Di Amerika Serikat, menurut data dari National Cancer Institute pada tahun 2016, ada sekitar 246.660 wanita yang terdiagnosa mengidap kanker payudara dan 2.600 pada pria. Sedangkan di Indonesia sendiri berdasarkan data dari World Health Organization pada tahun 2014, mencapai 48.998 kasus.

Yang mengejutkan, meskipun sudah banyak yang menyadari bahaya kanker payudara mengancam keselamatan jiwa, namun di Indonesia sebanyak 70 % penderitanya justru terlambat untuk melakukan tindakan penanganan medis. Padahal sebagai wanita, payudara adalah salah satu aspek terpenting yang patut mendapatkan atensi lebih untuk dijaga kesehatannya. 

Tapi mengapa hal tersebut justru terjadi?

(Baca juga: 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara) 

Menurut Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab tingginya jumlah keterlambatan penanganan medis, antara lain; pertama banyak wanita tidak menyadari/mendeteksi sedini mungkin tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya. 

Selain itu, ada juga yang masih takut dengan istilah-istilah medis seperti biopsi, operasi, kemoterapi dan radiasi. Di samping faktor sosial-ekonomi, kebanyakan juga masih percaya dengan pengobatan tradisional, alternatif, hingga paranormal. 

Sementara, diagnosa sejak dini membantu akan penanganan medis lebih cepat dan pengobatan yang tepat. Oleh karenanya, kesadaran akan kanker payudara mesti digalakkan. Apalagi di bulan Oktober ini, yang juga jadi bulan kesadaran kanker payudara, menjadi momen tepat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya dari kanker payudara.

(Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Diketahui)

Biar lebih memahaminya dengan baik, berikut lima tanda/gejala kanker payudara yang harus kamu ketahui dan waspadai.

1. Terdapat benjolan keras di daerah payudara atau ketiak

Terkadang banyak wanita yang tidak menyadari adanya perubahan yang terjadi pada anggota tubuhnya karena tidak menimbulkan sakit, termasuk munculnya benjolan di daerah payudara. Benjolan tersebut akan mulai terasa sakit dan mengganggu ketika sudah meningkat menjadi stadium lanjut. 

2. Timbulnya ruam merah dan rasa panas pada payudara

Gejala ruam pada area kulit payudara seringkali diabaikan karena dianggap seperti iritasi kulit biasa. Padahal jika Anda mengalami perubahan drastis seperti timbulnya ruam merah disertai rasa panas atau bahkan bengkak, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi pada dokter spesialis.

3. Puting payudara tertarik masuk ke dalam

Perubahan puting payudara bisa menjadi tanda kanker payudara. Biasanya, puting payudara sangat sensitif terhadap sentuhan. Namun, saat mengalami kanker payudara, tingkat sensitivitas ini akan menurun dengan drastis. Hal ini disebabkan karena sebagian tumor yang tumbuh dan menempel pada kulit menarik puting dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

4. Keluar cairan atau darah

Bila keluar cairan seperti cairan bening atau darah pada wanita yang sedang tidak hamil atau menyusui perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kanker payudara. Bila hal ini terjadi pada Anda, jangan ragu untuk segera temui dokter spesialis

5. Merasakan nyeri yang tidak kunjung hilang 

Merasakan nyeri pada payudara mungkin merupakan hal yang normal, apalagi bila saat menstruasi ataupun sedang hamil. Namun, tentunya rasa nyeri tersebut dapat hilang seiring dengan selesainya siklus yang dilalui. Hal yang patut kamu waspadai adalah bila rasa nyeri tersebut tidak kunjung hilang. Terutama jika dibagian tertentu intensitas rasa nyerinya semakin tinggi. Besar kemungkinan bahwa itu merupakan tanda/gejala kanker payudara yang harus kamu waspadai.

Meskipun saat ini kondisi tubuh Anda terbilang fit, namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada  terhadap gejala kanker payudara. Ini karena “monster” yang satu ini bisa menerang siapa saja. So, it’s important for you to check your breast at least once a month. Dan… jangan lupa juga untuk selalu menjalani pola hidup yang sehat. Seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, jaga berat badan seimbang, kurangi konsumsi alkohol, serta konsumsi makanan dengan kadar anti-oksidan yang tinggi.

Untuk selalu menjaga kesehatan, Cosmopolitan Indonesia bersama Combiphar mengajak publik untuk bergabung dalam “Tanya Dokter” bersama dr. Carlinda Nekawaty. Kamu bisa tanya apa saja seputar kesehatan mulai dari tips kesehatan, vitamin atau suplemen yang baik hingga cara menangani kanker payudara. Tak hanya itu, ada hadiah voucher belanja MAP senilai masing-masing Rp. 500.000 untuk 3 pertanyaan terbaik. Jadi, tunggu apalagi kunjungi sekarang juga di http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle atau klik di sini!

Life & health