Life & health

Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

By : Amalta Rifani - 2017-06-15 01:25:00 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Untuk mencegah kanker, Anda wajib memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan disiplin dalam menjaga kualitas hidup. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan sejak dini untuk lebih peduli akan kesehatan diri dan jauh dari risiko kanker.


Memeriksakan risiko kanker akibat keturunan

Salah satu penyebab umum dari kaker biasanya berasal dari faktor keturunan. Penting bagi Anda untuk melakukan medical check up dan mengetahui adanya silsilah kanker pada keluarga Anda.


Menghindari makanan yang dibakar atau diasap

Usahakan untuk menghindari makanan yang dibakar atau disapa karena berisiko terkena penyakit kanker.


Menjauhi alkohol

Alkohol sering disalahgunakan dan dikonsumsi secara berlebihan. Mulailah untuk menjauhi minuman alkohol untuk mengurangi risiko terkena kanker.


Menghindari kebiasaan merokok

Tidak hanya berisiko terkena kanker, kebiasaan merokok juga dapat memicu impotensi, penyakit jantung, bronkitis, dan gangguan pada janin. Langkah tepat untuk mencegah kanker adalah menghindari kebiasaan merokok.


Menghindari makanan berlemak

Jika mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan akan menumpuk dan memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Hindari makanan berlemak, terutama yang kadar lemaknya cukup tinggi.


Mengonsumi makanan berserat dan kaya antioksidan

Makanan yang kaya akan serat dan antioksidan sangat baik untuk mencegah kanker dan sudah terbukti oleh para ahli. Antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk mencegah kanker.


Rutin berolahraga

Olahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah kanker. Lemak dalam tubuh akan terbakar dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Bentuk olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mencegah risiko kanker cukup sederhana seperti lari pagi atau jalan santai.


Mengonsumsi vitamin A, C, dan E

Dengan mengonsumsi vitamin A, C, dan E, Anda dapat menjaga kualitas hidup lebih lama. Vitamin ini baik untuk mencegah kanker, menambah daya tahan tubuh, dan mengandung antioksidan yang tinggi.


Mengonsumsi teh hijau

Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling berpotensi mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah.

 

Life & health